Kompas.com - 28/06/2022, 22:02 WIB

 

MOSKWA, KOMPAS.com - Ramzan Kadyrov, pemimpin Chechnya dan sekutu utama Presiden Rusia Vladimir Putin, membentuk empat batalyon militer baru "dengan jumlah personel yang luar biasa".

Batalion itu dimaksudkan untuk membantu mengisi kembali pasukan Rusia selama perang yang sedang berlangsung dengan Ukraina.

Baca juga: Rudal Rusia Hantam 1.000 Orang di Mal Ukraina, 16 Tewas dan 59 Luka-luka

Kadyrov mengatakan dalam sebuah unggahan Telegram pada Minggu (26/6/2022) bahwa empat batalyon itu bernama "Akhmat Utara," "Akhmat Selatan," "Akhmat Barat" dan "Vostok-Akhmat".

Batalyon baru itu akan dibentuk "segera" di Republik Chechnya.

"Kontingen militer hanya akan mencakup orang-orang Chechnya," kata Kadyrov di pesan tersebut, menurut terjemahan bahasa Inggris sebagaimana dilansir Newsweek pada Senin (27/6/2022), yang telah menghubungi kementerian pertahanan Rusia dan Ukraina untuk memberikan komentar.

"Mereka akan mengisi kembali komposisi pasukan Kementerian Pertahanan Federasi Rusia," terangnya.

Rusia tidak memberikan perkiraan kerugian pasukan sejak akhir Maret. Kantor berita milik negara Rusia TASS melaporkan pada saat itu bahwa seorang pejabat militer Rusia menyebutkan jumlah kematian mencapai 1.351.

Tetapi Ukraina memperkirakan pada 8 Juni bahwa Rusia telah kehilangan 31.500 tentara sejak dimulainya perang pada akhir Februari, berpotensi menempatkan Putin dalam kebutuhan untuk pasokan pasukan baru.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-124 Serangan Rusia ke Ukraina, Putin ke Indonesia, Rusia Nyaris Gagal Bayar Utang

Michael Kimmage, seorang profesor sejarah di Universitas Katolik Amerika dan mantan anggota staf perencanaan kebijakan sekretaris di Departemen Luar Negeri, mengatakan kepada Newsweek awal Juni bahwa Rusia "memiliki masalah personel" dan kerugiannya "sangat serius."

Selain mengatakan bahwa mereka akan terdiri dari "jumlah personel yang mengesankan", Kadyrov tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang seberapa besar empat batalyon yang direncanakan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.