Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-124 Serangan Rusia ke Ukraina, Putin ke Indonesia, Rusia Nyaris Gagal Bayar Utang

Kompas.com - 28/06/2022, 07:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Pada hari ke-124 invasi Rusia ke Ukraina, mal yang ramai di kota Kremenchuk, Ukraina timur, diserang rudal yang menewaskan dua orang dan melukai puluhan korban.

Sementara itu, Kremlin memastikan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Indonesia untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada November 2022.

Namun, pada saat bersamaan Rusia terancam gagal membayar utang (default) gara-gara sanksi atas invasi ke Ukraina.

Baca juga: Media Asing Ramai-ramai Beritakan Agenda Jokowi Bertemu Putin, Ini yang Diulas

Dikutip dari AFP, berikut adalah rangkuman jalannya perang Ukraina vs Rusia pada hari ke-124 di dalam dan luar medan pertempuran.

1. Rudal hantam 1.000 orang di mal Kremenchuk

Foto ini diambil dan dirilis oleh Layanan Darurat Negara Ukraina pada 27 Juni 2022 menunjukkan petugas pemadam kebakaran memadamkan api di sebuah mal yang terkena serangan rudal Rusia di kota Kremenchuk, Ukraina timur, menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai puluhan lainnya. kata Presiden.Foto oleh LAYANAN PERS KEMENTERIAN DARURAT UKRAINA via AFP Foto ini diambil dan dirilis oleh Layanan Darurat Negara Ukraina pada 27 Juni 2022 menunjukkan petugas pemadam kebakaran memadamkan api di sebuah mal yang terkena serangan rudal Rusia di kota Kremenchuk, Ukraina timur, menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai puluhan lainnya. kata Presiden.
Rudal Rusia menghantam mal yang ramai di kota Kremenchuk, Ukraina timur, kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai puluhan lainnya.

"Para penjajah menembakkan rudal ke sebuah pusat perbelanjaan dengan lebih dari seribu warga sipil. Mal terbakar, penyelamat berjuang melawan api. Jumlah korban tidak mungkin dibayangkan," tulisnya di Telegram.

2. NATO tingkatkan kekuatan

NATO akan meningkatkan jumlah pasukan siaga tinggi mencapai lebih dari 300.000 tentara pada KTT NATO di Madrid mulai Selasa (28/6/2022) dalam menanggapi perang Rusia di Ukraina, kata kepala aliansi tersebut Jens Stoltenberg.

Persenjataan yang lebih berat termasuk sistem pertahanan udara juga akan digeser ke depan, dan pasukan yang ditugaskan sebelumnya akan membela anggota NATO tertentu di tepi timur aliansi yang terbuka.

"Ini merupakan perombakan terbesar pertahanan dan pencegahan kolektif kita sejak Perang Dingin," ujar Stoltenberg.

Baca juga:

3. AS kirim rudal anti-pesawat untuk Ukraina

Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat berbicara dalam konferensi pers dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Istana Akasaka, Senin (23/5/2022).AP PHOTO/EVAN VUCCI Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat berbicara dalam konferensi pers dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Istana Akasaka, Senin (23/5/2022).
Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada Zelensky, Washington sedang mempersiapkan pengiriman pertahanan udara jarak menengah dan jauh yang canggih agar Ukraina bisa bertahan dari serangan Rusia.

Zelensky meminta alutsista pertahanan yang lebih kuat terhadap serangan udara Rusia sejak invasi Rusia dimulai pada Februari.

4. Rusia nyaris gagal bayar utang

Rusia melewatkan dua dari pembayaran utangnya kreditur karena sanksi atas perang Ukraina, ungkap Kementerian Keuangan Rusia.

Ini menjadikan Rusia kali pertama nyaris gagal membayar utang asing dalam satu abad.

Sanksi ekonomi Barat sebagian besar memutus Rusia dari sistem keuangan internasional, sehingga sulit bagi Moskwa untuk membayar utangnya.

5. Putin ke Indonesia hadiri KTT G20 Bali

Rencana Putin ke Indonesia untuk menghadiri langsung KTT G20 di Bali pada November 2022 disampaikan oleh penasihat Kremlin, Yuri Ushakov.

Indonesia--yang memegang jabatan presidensi bergilir G20 tahun ini--menimbulkan pro dan kontra internasional dengan mengundang Rusia ke pertemuan ekonomi utama dunia tersebut.

Ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada Minggu (26/6/2022) berujar, dia tidak mempermasalahkan duduk di meja yang sama dengan Putin di KTT G20 Indonesia.

Menurutnya, "Penting untuk memberitahu dia (Putin) apa yang kita pikirkan tentangnya".

KTT G20 2022 di Bali adalah pertemuan ke-17 kelompok tersebut. Presidensi Indonesia berlangsung dari 1 Desember 2021 hingga kuartal keempat 2022.

Baca juga: KTT G20, Kremlin Pastikan Putin ke Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com