Kompas.com - 28/06/2022, 07:33 WIB

KYIV, KOMPAS.com - Pada hari ke-124 invasi Rusia ke Ukraina, mal yang ramai di kota Kremenchuk, Ukraina timur, diserang rudal yang menewaskan dua orang dan melukai puluhan korban.

Sementara itu, Kremlin memastikan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Indonesia untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada November 2022.

Namun, pada saat bersamaan Rusia terancam gagal membayar utang (default) gara-gara sanksi atas invasi ke Ukraina.

Baca juga: Media Asing Ramai-ramai Beritakan Agenda Jokowi Bertemu Putin, Ini yang Diulas

Dikutip dari AFP, berikut adalah rangkuman jalannya perang Ukraina vs Rusia pada hari ke-124 di dalam dan luar medan pertempuran.

1. Rudal hantam 1.000 orang di mal Kremenchuk

Foto ini diambil dan dirilis oleh Layanan Darurat Negara Ukraina pada 27 Juni 2022 menunjukkan petugas pemadam kebakaran memadamkan api di sebuah mal yang terkena serangan rudal Rusia di kota Kremenchuk, Ukraina timur, menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai puluhan lainnya. kata Presiden.Foto oleh LAYANAN PERS KEMENTERIAN DARURAT UKRAINA via AFP Foto ini diambil dan dirilis oleh Layanan Darurat Negara Ukraina pada 27 Juni 2022 menunjukkan petugas pemadam kebakaran memadamkan api di sebuah mal yang terkena serangan rudal Rusia di kota Kremenchuk, Ukraina timur, menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai puluhan lainnya. kata Presiden.
Rudal Rusia menghantam mal yang ramai di kota Kremenchuk, Ukraina timur, kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai puluhan lainnya.

"Para penjajah menembakkan rudal ke sebuah pusat perbelanjaan dengan lebih dari seribu warga sipil. Mal terbakar, penyelamat berjuang melawan api. Jumlah korban tidak mungkin dibayangkan," tulisnya di Telegram.

2. NATO tingkatkan kekuatan

NATO akan meningkatkan jumlah pasukan siaga tinggi mencapai lebih dari 300.000 tentara pada KTT NATO di Madrid mulai Selasa (28/6/2022) dalam menanggapi perang Rusia di Ukraina, kata kepala aliansi tersebut Jens Stoltenberg.

Persenjataan yang lebih berat termasuk sistem pertahanan udara juga akan digeser ke depan, dan pasukan yang ditugaskan sebelumnya akan membela anggota NATO tertentu di tepi timur aliansi yang terbuka.

"Ini merupakan perombakan terbesar pertahanan dan pencegahan kolektif kita sejak Perang Dingin," ujar Stoltenberg.

Baca juga:

3. AS kirim rudal anti-pesawat untuk Ukraina

Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat berbicara dalam konferensi pers dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Istana Akasaka, Senin (23/5/2022).AP PHOTO/EVAN VUCCI Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat berbicara dalam konferensi pers dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Istana Akasaka, Senin (23/5/2022).
Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada Zelensky, Washington sedang mempersiapkan pengiriman pertahanan udara jarak menengah dan jauh yang canggih agar Ukraina bisa bertahan dari serangan Rusia.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.