Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2022, 20:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Mirror

LONDON, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Inggris mengakui laporan soal ratusan komandan Angkatan Darat Inggris telah gagal dalam tes kebugaran.

Data menunjukkan bahwa dalam empat tahun terakhir, hampir 300 perwira senior gagal lulus Soldier Conditioning Review, yang dilakukan setiap dua tahun.

Baca juga: Rusia Singgung Kemungkinan Perang Dunia 3, Peringatkan NATO

Lebih dari 2.500 staf berpangkat tinggi juga telah menghindari penilaian fisik tahunan mereka menurut laporan sebagaimana dilansir Mirror pada Sabtu (25/6/2022).

Diketahui bahwa tak satu pun dari 14 letnan jenderal atau 43 mayor jenderal dari tentara Inggris mengikuti tes kebugaran tahunan Angkatan Darat tahun lalu.

Tidak sampai lima dari 153 brigadir mengambil tes tersebut, dan hanya 10 dari 539 kolonel yang menyelesaikannya.

Dari total 1.733 letnan kolonel di Angkatan Darat Inggris, hanya 100 dari mereka yang melakukan ujian kebugaran tersebut.

Padahal, semua tentara, terlepas dari pangkatnya, harus mengikuti setidaknya satu tes kebugaran setiap tahun.

Baca juga: Zelensky Desak Pemimpin Dunia Bantu Pastikan Perang Berakhir Akhir Tahun

Pengungkapan bahwa hampir 300 orang telah gagal bisa menjadi masalah besar bagi kepala Angkatan Darat Inggris, Jenderal Sir Patrick Sanders.

Pemimpin pasukan kerajaan Inggris itu pun baru saja mengeluarkan seruan kepada pasukannya, yang memberi tahu bahwa mereka harus siap menghadapi agresi Rusia di medan perang.

Semua tentara hingga usia 55 tahun juga diharapkan menyelesaikan serangkaian tes fisik tergantung pada peran mereka, dan cukup fit untuk ditempatkan pada operasi militer dalam waktu singkat.

Mereka yang gagal dalam Soldier Conditioning Review biasanya ditempatkan pada personal training remedial dan diberi kesempatan lagi untuk bisa lulus.

Kegagalan berulang dapat menyebabkan penurunan peringkat dan bahkan pemecatan.

“Pasukan (tingkat atas) diharapkan dapat memimpin dari depan. Mereka tidak boleh dibiarkan lolos dengan tidak menyelesaikan penilaian – tidak ada alasan. Saya tidak ingin mengikuti seorang perwira ke dalam pertempuran yang tidak layak,” kata Mantan sersan Angkatan Darat Inggris dan peraih penghargaan Salib Militer, Trevor Coult (47 tahun).

Baca juga: Tentara Gadungan Nekat Menyusup ke Perang Rusia-Ukraina Meski Tak Punya Pengalaman Perang, Ini Akibatnya

Sebuah sumber militer menambahkan: “Perwira senior sangat sibuk dan mudah untuk mengatakan, 'Saya tidak dapat melakukan penilaian ini, saya memiliki terlalu banyak pekerjaan'. Jika mereka gagal, mereka mungkin sangat tidak fit dan kelebihan berat badan. (Padahal) Ini adalah tes dasar.”

Kementerian Pertahanan Inggris mengungkapkan tahun ini bahwa lebih dari 60.000 rekrutan sudah kelebihan berat badan.

Sekitar 1.200 memiliki tekanan darah tinggi, 203 memiliki diabetes tipe dua dan ratusan telah diberikan pil diet.

Adapun Angkatan Darat Inggris mengatakan data yang ada tidak mewakili gambaran yang sebenarnya karena jeda dalam pengujian fisik selama pandemi dan perubahan dalam cara kami menilai kebugaran.

“Kami terus memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan dan mendukung siapa saja yang membutuhkan pelatihan fisik tambahan,” terang pernyataan itu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com