Rangkuman Hari Ke-123 Serangan Rusia ke Ukraina, Rusia Serang Perumahan Kyiv, Pemimpin G7 Mengolok-olok Putin

Kompas.com - 27/06/2022, 06:46 WIB

KOMPAS.com - Pasukan Rusia berusaha untuk memotong kota kembar strategis Lysychansk di Ukraina timur, setelah menghancurkan Severodonetsk menjadi puing-puing, dalam hari ke-123 serangan Rusia ke Ukraina.

Lisichansk akan menjadi fokus utama pertempuran berikutnya, karena Moskwa telah meluncurkan pemboman artileri besar-besaran dan serangan udara di daerah-daerah yang jauh dari jantung pertempuran timur.

Baca juga: [KABAR DUNIA SEPEKAN] Jokowi Akan Kunjungi Ukraina dan Rusia | Gempa Afghanistan Tewaskan 1.000 Orang

Ukraina menyebut kemunduran pasukannya dari Severodonetsk sebagai "penarikan taktis". Tujuannya untuk bertempur dari tempat yang lebih tinggi di Lisichansk di seberang tepi sungai Siverskyi Donetsk.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengatakan pada Sabtu (25/6/2022) bahwa Ukraina akan memenangkan kembali semua kota yang telah kalah dari Rusia, termasuk Severodonetsk.

“Semua kota kami – Severodonetsk, Donetsk, Luhansk – kami akan mendapatkan semuanya kembali,” katanya dalam pidato video larut malam. Zelensky juga mengakui bahwa perang semakin sulit ditangani secara emosional.

Dia mengatakan 45 rudal Rusia menghantam wilayah yang luas pada Sabtu (25/6/2022), termasuk bagian utara, selatan dan barat negara itu.

Berikut peristiwa penting dalam rangkuman hari ke-123 serangan Rusia ke Ukraina:

Baca juga: Ilyushin Il-76, Pesawat Kargo Besar Rusia Terbakar di Udara dan Jatuh dalam Misi ke Ukraina

Kiev kembali diserang

Serangan Rusia menghantam sebuah bangunan tempat tinggal di Kyiv dalam serangan pertama di ibu kota dalam hampir tiga minggu, menurut Ukraina.

Satu orang meninggal dan empat orang, termasuk seorang gadis berusia tujuh tahun, dibawa ke rumah sakit setelah serangan dini hari itu, kata Wali Kota Vitali Klitschko.

Tiga lantai teratas sebuah bangunan di lingkungan Shevchenkivsky hancur total dan beberapa kebakaran terjadi, menyemburkan asap tebal.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.