Ahli Waris Takhta Kekaisaran Jepang Geram Putri Mako Terus Diberitakan Buruk

Kompas.com - 01/12/2021, 06:30 WIB
Foto ini diambil pada 3 September 2017 menampilkan Putri Mako dan kekasihnya Kei Komuro saat mengumumkan pertunangan mereka di Akasaka East Residence,Tokyo. AFP/SHIZUO KAMBAYASHIFoto ini diambil pada 3 September 2017 menampilkan Putri Mako dan kekasihnya Kei Komuro saat mengumumkan pertunangan mereka di Akasaka East Residence,Tokyo.

TOKYO, KOMPAS.com - Pangeran Akishino, ahli waris pertama takhta kekaisaran Jepang, mengecam media di negara itu atas perlakuan mereka terhadap anak sulungnya, Putri Mako, menuduh mereka mengatakan "hal-hal buruk" tentang dirinya menjelang pernikahannya.

Mako menikahi Kei Komuro, seorang pria non-kerajaan yang dia temui di universitas, pada 26 Oktober.

Baca juga: Putri Mako Tinggalkan Jepang, Pindah ke New York bersama Suaminya

Pernikahan ini berlangsung hampir empat tahun setelah pertunangan mereka dibatalkan, menyusul pengungkapan tentang perselisihan keuangan kecil yang melibatkan ibunya.

Pasangan baru ini hanya muncul sebentar di depan umum sebelum pindah ke New York, tempat Komuro bekerja untuk sebuah firma hukum.

Liputan kritis tentang pertunangan mereka telah membuat Mako, yang melepaskan status kerajaannya ketika dia menikahi Komuro, menderita suatu bentuk gangguan stres pasca-trauma (PTSD).

“Jika Anda membaca tabloid, yah – saya tidak yakin bagaimana mengatakan ini dengan tepat – tetapi ada banyak hal di sana yang dibuat-buat, meskipun ada juga beberapa pendapat yang harus kita dengarkan,” kata Akishino melansir Guardian.

Komentar yang sangat jujur itu dia sampaikan dalam konferensi pers yang diadakan untuk menandai ulang tahunnya yang ke-56 pada Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Putri Mako dari Jepang Buka Suara Setelah Menikahi Rakyat Jelata

Protes keras yang disampaikan Akishino mengejutkan, karena sangat berbeda dengan kebiasaan dari konferensi pers yang biasanya diberikan oleh anggota keluarga kekaisaran.

Umumnya, mereka hanya menjawab pertanyaan yang diajukan sebelumnya dan biasanya sudah dirancang untuk seminimal mungkin memunculkan percekcokan.

Majalah mingguan melaporkan bahwa ibu Komuro, Kayo, berselisih mengenai “pinjaman” 35.000 dollar AS (Rp 501 juta) dari mantan tunangannya.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.