Tangkal Ancaman China, Taiwan Kini Punya Jet Tempur F-16 Versi Paling Canggih

Kompas.com - 18/11/2021, 16:19 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com – Taiwan resmi menugaskan jet-jet tempur F-16 yang telah di-upgrade atas bantuan AS saat hubungan dengan China semakin menegang.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen secara khusus memuji kerja sama militer dengan AS pada Kamis (18/11/2021) saat peresmian tersebut sebagaimana dilansir Reuters.

Kini, Taiwan memiliki skuadron F-16 paling canggih, F-16V, setelah peresmian tersebut. Dengan demikian, itu merupakan skuadron F-16V pertama yang dimiliki Taiwan.

Baca juga: Biden Klarifikasi Ucapannya tentang Taiwan yang Independen

Dalam upacara peresmian di pangkalan udara di Kota Chiayi, Tsai menuturkan bahwa proyek tersebut menunjukkan komitmen kuat kemitraan Taiwan-AS.

Dia berpidato di panggung yang sama dengan diplomat top AS di Taiwan, Sandra Oudkirk.

"Saya percaya bahwa selama kita mematuhi nilai-nilai demokrasi dan kebebasan, akan ada lebih banyak negara yang berpikiran sama berdiri di depan yang sama dengan kita," kata Tsai.

AS sebenarnya tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan. Tetapi, Washington merupakan pendukung internasional utama Taipei sekaligus pemasok senjata pulau itu.

Baca juga: Kepada Xi Jinping, Biden Tolak Aksi Sepihak China Mengubah Taiwan

Ugrade F-16 senilai 110 miliar dollar Taiwan (Rp 56,2 triliun) dipimpin oleh pabrikan Lockheed Martin dam Aerospace Industrial Development Corp (AIDC) Taiwan.

Itu merupakan contoh terbaru dari kerja sama militer antara Washington dan Taipei.

Taiwan mengubah 141 jet F-16A/B menjadi tipe F-16V dan juga telah memesan 66 unit F-16V baru.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.