Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang KTT Biden-Xi Jinping, AS dan China Sudah Ribut Duluan soal Taiwan

Kompas.com - 14/11/2021, 13:55 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) dan China sudah lebih dulu terlibat perang kata-kata menjelang pertemuan Joe Biden dan Xi Jinping.

AS memperingatkan China soal tekanannya terhadap Taiwan, sedangkan China mewanti-wanti AS bahwa tindakan itu tampak mendukung kemerdekaan Taiwan dan akan ada bahayanya.

Perang kata-kata tersebut terjadi antara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi melalui sambungan telepon.

Baca juga: Biden dan Xi Akan Lakukan Pertemuan Virtual yang Ditunggu-tunggu

Blinken menyatakan keprihatinan mengenai berlanjutnya tekanan militer, diplomatik, dan ekonomi RRC terhadap Taiwan," kata Kemlu AS dalam pernyataan yang dikutip AFP, Minggu (14/11/2021).

Wang kemudian memperingatkan bahaya dari tindakan AS yang menurutnya tampak mendukung kemerdekaan Taiwan.

"Setiap kerja sama dan dukungan untuk pasukan 'kemerdekaan Taiwan' merusak perdamaian di Selat Taiwan dan pada akhirnya hanya akan menjadi bumerang," balas Wang kepada Blinken, menurut transkrip telepon yang dirilis oleh China pada Sabtu (13/11/2021).

Presiden Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping akan mengadakan KTT virtual pada Senin malam (15/11/2021) waktu Washington.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com