Alat-alat Pemujaan Dewi Kesuburan Hathor Ditemukan di Bukit Firaun

Kompas.com - 25/09/2021, 12:25 WIB
Banyak disembah di Mesir kuno, Hathor adalah dewa langit yang terkait dengan feminitas, cinta, pernikahan, dan persalinan. KEMENTERIAN PARIWISATA MESIR via DAILY MAILBanyak disembah di Mesir kuno, Hathor adalah dewa langit yang terkait dengan feminitas, cinta, pernikahan, dan persalinan.

CAIRO, KOMPAS.com - Para arkeolog di telah menemukan alat yang digunakan dalam pemujaan dewi kesuburan Hathor, termasuk pilar batu kapur yang mirip dengannya.

Banyak disembah saat Mesir kuno, Hathor adalah dewa langit yang terkait dengan feminitas, cinta, pernikahan, dan persalinan.

Dewi ini sering digambarkan sebagai sapi atau pada hiasan kepala dengan tanduk sapi.

Baca juga: 10 Dewa dan Dewi Terpenting dari Peradaban Bangsa Mesir Kuno

Instrumen baru itu ditemukan awal bulan ini di situs Buto, sebuah kota kuno di zaman modern Kafr El-Sheikh, sekitar 80 mil utara Kairo di Delta Nil.

Alat-alat tersebut antara lain pembakar dupa, sumur untuk air suci, kursi bersalin kecil dan sisa-sisa serpihan emas yang digunakan untuk menyepuh benda-benda lain.

Mereka berasal dari Periode Akhir Mesir, antara 664 dan 332 SM, kata para peneliti melansir Daily Mail pada Jumat (24/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini adalah salah satu penemuan penting karena termasuk alat yang benar-benar digunakan dalam melakukan ritual keagamaan sehari-hari untuk dewi Hathor," kata Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Kementerian Pariwisata Mesir, dalam sebuah pernyataan.

Penemuan itu dilakukan selama penggalian sebuah kuil di situs yang dikenal sebagai Tell El Fara'in, atau 'Bukit Firaun'.

Di tempat itu, para peneliti juga menemukan prasasti dengan nama raja-raja Mesir yang memerintah lebih dari 2.500 tahun yang lalu.

Baca juga: Berharap Pandemi Covid-19 Usai, Patung Dewi Kwan In di Jepang Dipasangi Masker

Muncul pada milenium ketiga SM, Hathor adalah tokoh utama dalam agama Mesir kuno. Ada lebih banyak kuil didedikasikan untuknya daripada dewi lainnya.

Halaman:

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.