Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buah Tropis dan Minuman Herbal Indonesia Dipamerkan di Pameran Macfrut Italia

Kompas.com - 13/09/2021, 17:07 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

RIMINI, KOMPAS.com - Buah-buahan tropis, minuman herbal, kopi, dan olahan buah asal Indonesia dipamerkan di Pameran Macfrut 2021 di Rimini, Italia, 7-9 September 2021.

Dubes RI di Italia, Esti Andayani, membuka secara resmi stan Indonesia di Pameran Macfrut.

Dubes Esti menyampaikan bahwa partisipasi KBRI Roma pada pameran ini, mempertemukan secara langsung pelaku usaha Indonesia dan calon mitra dari berbagai negara serta indikasi kesepakatan dagang konkrit.

Baca juga: KBRI Roma Gelar Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Diwarnai Pakaian Adat

Partisipasi Indonesia disambut juga secara langsung oleh Presiden Cesena Fiera Spa, Renzo Piraccini, dalam sambutan pada pembukaan pameran dan dalam kesempatan berbincang dengan Dubes Esti.

Adapun pembukaan secara resmi Macfrut 2021 dilakukan oleh Menteri Pertanian Italia, Stefano Patuanelli.

Selama Pameran Macfrut 2021, para peserta pameran asal Indonesia mengindikasikan perolehan potensi transaksi sekitar 551.772 euro atau sekitar Rp 9,6 miliar.

Hal ini merupakan capaian tersendiri mengingat partisipasi fisik merupakan kali pertama bagi Indonesia pada pameran buah dan sayur Italia.

Ajang ini juga merupakan pameran buah dan sayur secara fisik yang diselenggarakan pertama kali di Italia pada masa pandemi.

Pengunjung pameran dari mancanegara menunjukkan antusiasme tinggi terhadap produk buah-buahan tropis, kopi, olahan buah dan minuman herbal asal Indonesia.

Salah satu pengunjung asal Timur Tengah menyampaikan pujian akan rasa buah tropis Indonesia, seperti mangga, nanas, dan salak, yang dinilai memiliki kualitas tinggi.

Sebaliknya, peserta pameran dari kalangan pengusaha Indonesia juga menyatakan kepuasan akan capaian dan ketertarikan pengunjung.

Baca juga: KBRI Roma Kukuhkan 4 Paskibra untuk HUT Kemerdekaan RI ke-76

Dubes RI di Italia, Esti Andayani (kiri) bersama Presiden Macfrut, Renzo Piraccini (kanan), dalam Pameran Macfrut 2021 yang berlangsung di Rimini, Italia, 7?9 September 2021.KBRI ROMA Dubes RI di Italia, Esti Andayani (kiri) bersama Presiden Macfrut, Renzo Piraccini (kanan), dalam Pameran Macfrut 2021 yang berlangsung di Rimini, Italia, 7?9 September 2021.
Salah satu peserta pameran dari CFS International Market menyampaikan bahwa pameran telah membuka berbagai peluang dagang dengan potential buyers yang luas dari Italia dan kawasan Eropa lainnya. Produk Indonesia juga dinilai memiliki keunggulan kualitas baik.

Partisipasi Indonesia pada Pameran Macfrut 2021 merupakan kolaborasi erat KBRI Roma, Atase Pertanian, dan Atase Perdagangan KBRI Roma, ITPC Milan, pelaku usaha Indonesia yang diwakili oleh PT Surya Elok Sejahtera, PT Nusa Berdaya Indonesia, PT Frootiful Natural Nusantara, Kelompok Wanita Tani Berdikari, dan CFS International Market Srls.

Selain itu, beberapa pelaku usaha Indonesia yaitu KSIP Agro, Nusa Berdaya Indonesia dan Bali Organik Subak juga berpartisipasi dalam stand virtual.

Stan Indonesia tampil dengan booth seluas 64 meter persegi dengan mengusung tema Bali serta menampilkan buah-buahan tropis seperti alpukat, buah naga, mangga, manggis, nanas, rambutan, salak, dan durian.

Ditampilkan pula kreasi olahan buah dan minuman herbal Indonesia, seperti jahe, kunyit, dan temulawak.

Pameran Macfrut 2021 merupakan salah satu eksibisi buah dan sayur utama di Italia dan kawasan Eropa.

Pameran kali ini dilakukan secara hybrid (on-site dan on-line). Pada 2020, Pameran Macfrut dilakukan secara virtual dimana Indonesia juga turut berpartisipasi melalui dua virtual booth.

Baca juga: Jelang HUT Ke-76 RI, KBRI Roma Peringati Hari Anak Nasional dan Ceria Merdeka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com