Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan 2021, KBRI Roma Adakan Beragam Acara Virtual, Ini Jadwalnya

Kompas.com - 13/04/2021, 19:06 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih juga terjadi di Italia, KBRI Roma mengagendakan rangkaian kegiatan Ramadhan 2021 secara daring (virtual), bertemakan "Rahmah" (Ramadhan Penuh Berkah).

Kegiatan Rahmah ini dapat diikuti oleh seluruh WNI dan dispora Indonesia di negara akreditasi (Italia, Siprus, Malta dan San Marino) bahkan WNI di negara lainnya.

Terdapat beberapa kegiatan di dalam program Rahmah ini, antara lain: ceramah/ tausiyah "Kabari" (Kajian Bersama KBRI) setiap hari Senin, Rabu dan Kamis pukul 13.00 dan 15.00 waktu Italia bersama penceramah Ustad Saepulloh Darusmanwiati, Lc, M A (mahasiswa program doktor Universitas Al Azhar Cairo).

Berbagai tema menarik telah disiapkan meliputi kajian fiqih, syariah, ibadah dan muamalah Muslim.

Baca juga: Isra Mikraj 2021, KBRI Roma Adakan Peringatan secara Virtual

KBRI ROM Acara Ramadhan 2021 KBRI Roma
Selain itu, kajian dan tadarus Al Quran secara online untuk para muslimah juga akan diselenggarakan bekerja sama dengan DWP (Dharma Wanita Persatuan) KBRI Roma, yang akan berlangsung setiap Kamis sore.

Tidak lupa juga terdapat bimbingan belajar mengaji secara online untuk anak, remaja dan dewasa setiap hari Sabtu bekerja sama dengan organisasi Iqra Italia.

Selanjutnya KBRI Roma juga merencanakan penyelenggaraan peringatan Nuzulul Quran secara daring dan pelaksanaaan Sholat Idul Fitri 1442 H dengan peserta terbatas, jika situasi memungkinkan.

Untuk memulai acara Ramadhan ini, KBRI Roma bekerja sama dengan organisasi NUR (Nadwah Ukhuwah Roma) pada Senin (12/4/2021) juga telah menyelenggarakan acara tradisi "munggahan", sebuah tradisi Indonesia menyambut bulan Ramadhan.

Kegiatan munggahan dilakukan secara sederhana dan khidmat di KBRI Roma dan dihadiri oleh seluruh staf yang sedang melakukan kegiatan work from office (WFO) serta pengurus DWP KBRI Roma.

Baca juga: Kursus Bahasa Indonesia dari KBRI Roma di Italia Ramai Peserta

Dalam kegiatan ini, peserta berdoa bersama dan saling memaafkan untuk menyucikan hati menjelang bulan Ramadhan.

Kegiatan munggahan ini diakhiri dengan santap siang bersama dengan makanan yang dibawa masing-masing staf (potluck).

Kegiatan diselenggarakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku, termasuk penggunaan masker dan menjaga jarak (physical distancing) antarpeserta.

Dalam sambutan pada acara munggahan tersebut, Dubes RI Roma, Esti Andayani, menjelaskan makna dan esensi munggahan.

"Ada berbagai tradisi budaya di Indonesia menjelang Ramadhan. Seperti munggahan ini, ditekankan aspek kebersamaan dan persatuan yang lintas agama. Semua dapat hadir dalam acara ini, saling memaafkan, penuh kebersamaan dan menghormati datangnya bulan suci Ramadhan," jelasnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: KBRI Roma Berhasil Evakuasi 2 ABK WNI Korban Penyanderaan di Libya

Terkait dengan kegiatan Ramadhan KBRI Roma "Rahmah", Dubes Esti menyatakan “Pandemi Covid-19 ini telah melahirkan new-normalcy, dengan semakin maraknya penggunaan platform online."

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com