Kompas.com - 13/09/2021, 16:06 WIB
Di kota gurun pasir Araouane, banyak bangunan telah menghilang tertelan oleh bukit pasir di sekitarnya. BBC INDONESIADi kota gurun pasir Araouane, banyak bangunan telah menghilang tertelan oleh bukit pasir di sekitarnya.

TIMBUKTU, KOMPAS.com - Azima Ag Mohamed Ali lahir dan dibesarkan di padang pasir tapi dia memilih pindah ke Timbuktu untuk berbagi cerita mengenai Sahara kepada para pengelana.

Saat matahari mendekati cakrawala, sebelum adzan terakhir hari itu, Azima memulai perjalanan malamnya melalui jalan-jalan berpasir di Timbuktu, Mali. Sepanjang jalan, satu per satu temannya mulai melangkah di sampingnya.

Sapaan di antara mereka berlanjut lama setelah pertama bertemu, saling jabat tangan lembut seiring dengan ditanyakannya berulang-ulang tentang kesehatan teman dan keluarga mereka.

Baca juga: Video Eksodus Pengungsi Afghanistan, Jalan Bermil-mil Lewati Gurun dan Lintasi Perbatasan ke Iran

Percakapan mereka mendalam dan tidak tergesa-gesa, seiring dengan langkah santai mereka.

Berbalut jubah nila yang tebal, mereka melewati jalan-jalan Timbuktu dan melanjutkan ke bukit pasir yang terletak tepat di luar pinggiran barat kota itu.

Ketika akhirnya keluar dari kota, mereka duduk di atas pasir dan menyeduh sepoci teh saat panas. Mereka lelah dari kegiatan seharian itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Teh pertama selalu kuat seperti halnya kematian," kata Azima.

"Yang kedua ringan seperti kehidupan. Dan yang ketiga manis seperti cinta. Kamu harus minum ketiganya," ujarnya seraya tersenyum.

Baca juga: Kisah Pasukan Elite Inggris SAS Selamatkan 20 Rekannya dari Kepungan Taliban di Gurun

Seperti banyak orang Tuareg, orang-orang yang dulunya nomaden di Gurun Sahara, Azima lahir di gurun, jauh di luar Kota Timbuktu.

Akta kelahirannya menyatakan bahwa ia lahir pada 1970, tetapi itu adalah perkiraan yang hanya digunakan untuk dokumen resmi. Tidak ada yang benar-benar tahu pasti.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.