Kim Jong Un Kurus, Ini Berbagai Rumor tentang Kesehatannya...

Kompas.com - 03/09/2021, 07:03 WIB
Kim Jong Un tampak kurus saat bertemu dengan Sekretaris Jenderal Partai Buruh Korea dan Presiden Urusan Luar Negeri Korea Utara di Pyongyang, 30 Agustus 2021. YOUTUBE Pyongyang Broadcast Service - DPR of KoreaKim Jong Un tampak kurus saat bertemu dengan Sekretaris Jenderal Partai Buruh Korea dan Presiden Urusan Luar Negeri Korea Utara di Pyongyang, 30 Agustus 2021.

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, tampak lebih kurus dari biasanya saat menyapa rakyat dalam perayaan Hari Anak Muda di Pyongyang, Selasa (31/8/2021).

Dalam acara yang disiarkan langsung oleh televisi itu tampak pakaian Kim Jong Un kebesaran, tidak seperti sebelumnya yang pas di badan.

Penampilan Kim Jong Un kurus ini terjadi di tengah isu kesehatannya yang terus berputar, sehingga Pemerintah Korut melarang warga untuk tidak membicarakan hal tersebut.

Baca juga: Kembali Tampil di Hadapan Publik, Kim Jong Un Makin Kurus

Mirror pada Rabu (1/9/2021) mewartakan, bobot Kim Jong Un susut 20 kg dalam setahun.

Padahal, sebagai perokok berat, berat badan Kim Jong Un dilaporkan naik 6 kg setiap tahun sejak berkuasa pada 2011.

Rumor kesehatan Kim Jong Un

Kesehatan Kim Jong Un akhir-akhir ini sering didiskusikan banyak orang, yang memicu berbagai rumor beredar tentang kondisinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada dugaan Kim Jong Un kurus karena menjalani operasi untuk memasang pipa di lambung, guna membantu meringankan tubuhnya yang makin gemuk.

Pyongyang lalu berusaha menepis rumor kesehatan Kim Jong Un dengan menyatakan, sang pemimpin tertinggi kurus karena bekerja keras bagi rakyatnya.

Baca juga: Korea Utara Mencari Pengganti Kim Jong Un di Tengah Kabar Masalah Kesehatannya

"Unit pengawas lingkungan juga mengatakan, penurunan berat badan yang tiba-tiba bukan karena masalah kesehatan, tetapi ia menyendiri demi negara dan orang-orang dalam krisis," kata seorang sumber di pemerintahan.

Lalu sebuah surat kabar di Korea Selatan melaporkan, Kim Jong Un sengaja dibawa ke pusat kesehatan rahasia oleh pejabat Korut, karena berat badan berlebihan yang membahayakan kesehatannya.

Kesehatan Kim Jong Un gencar dispekulasikan sejak menghilang tiba-tiba pada Maret-April 2020. Kala itu ia dirumorkan sakit jantung bahkan meninggal dunia.

Baca juga: Jika Kim Jong Un Meninggal, Inilah Urutan Kandidat Penggantinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Mirror
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.