Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Kuba, YouTuber Ditangkap Polisi Saat Siaran Langsung di TV

Kompas.com - 15/07/2021, 12:38 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber The Sun

HAVANA, KOMPAS.com - Seorang YouTuber ditangkap polisi di rumahnya saat sedang siaran langsung dengan sebuah stasiun televisi, di tengah kondisi demo Kuba yang memanas.

YouTuber bernama Dina Stars yang juga aktivis di media sosial itu, ditahan oleh aparat keamanan Kuba saat sedang diwawancarai presenter TV Spanyol.

Kuba saat ini sedang dilanda demo ribuan orang di seluruh negeri sejak Minggu (11/7/2021), yang memprotes krisis ekonomi dan penanganan wabah Covid-19. Beberapa orang juga menyerukan diakhirinya komunisme.

Baca juga: Ribuan Warga Kuba Turun ke Jalan Berdemo Menentang Pemerintahnya

The Sun pada Selasa (13/7/2021) mewartakan, Stars yang merupakan kritikus terkemuka pemerintah, sedang berbicara dengan stasiun TV Cuatro Spanyol ketika dinas keamanan tampak menahannya secara langsung.

Cuplikan siaran menunjukkan seorang teman memasuki kamarnya untuk memberitahu bahwa polisi ada di luar. Stars lalu bilang ke presenter Marta Flich, “Aparat keamanan ada di luar sana... Saya harus keluar.”

Saat dia berdiri untuk pergi dan menghadapi mereka, pemudi Kuba itu berkata, “Saya membuat pemerintah bertanggung jawab atas apa pun yang terjadi pada saya.

“Mereka memaksa saya untuk pergi bersama mereka. Saya harus pergi," katanya.

Stars, yang melaporkan liputan demo Kuba, sebelumnya telah membagikan video demonstrasi di Havana dan gambar pengunjuk rasa pro-pemerintah yang membawa tongkat.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com