Nelayan Inggris Temukan Lobster Biru Langka, 1 dari 2 Juta Kemungkinan

Kompas.com - 22/04/2021, 17:36 WIB
Lobster biru langka yang ditemukan Tom Lambourn di Penzance, Cornwall, Inggris. BNPS/TOM LAMBOURN via THE SUNLobster biru langka yang ditemukan Tom Lambourn di Penzance, Cornwall, Inggris.

CORNWALL, KOMPAS.com – Seorang nelayan tak sengaja mendapatkan lobster berwarna biru cerah yang sangat langka di lepas pantai Cornwall, Inggris.

Nelayan bernama Tom Lambourn tersebut tercengang ketika mendapat lobster berwarna biru saat memancing di Penzance, Cornwall.

Setelah mendapat lobster langka, pria berusia 25 tahun dari Newlyn, Inggris, itu memotretnya sebelum akhirnya melepaskannya karena terlalu kecil untuk dibawa pulang.

Baca juga: Sengketa Dagang Makin Panas, Lobster Australia Pun Ditahan Masuk oleh China

Lobster itu berwarna biru karena kelainan genetik yang menyebabkan produksi protein crustacyanin berlebihan sebagaimana dilansir Mirror, Kamis (22/4/2021).

Lobster umumnya berwarna coklat atau abu-abu, memberikan kamuflase terhadap dasar laut yang berbatu.

Dalam tradisi nelayan Inggris, nelayan yang berhasil mendapat lobster biru menganggapnya sebagai pertanda keberuntungan dan biasanya tidak memakannya.

Sama seperti semua lobster, lobster biru akan berubah menjadi merah cerah saat dimasak.

Baca juga: Hilang di Laut, 2 Gadis Ditemukan Selamat Usai 15 Jam Mengapung di Jaring Lobster

"Di setiap pot, Anda tidak pernah tahu apa yang akan ada di dalamnya, dan saya pasti belum pernah melihat yang berwarna seperti itu sebelumnya,” kata Lambourn.

"Ini musim memancing kedua untuk saya. Jadi saya pikir, saya sangat beruntung,” sambung Lambourn.

Dia menambahkan, lobster biru itu masih terlalu kecil untuk dibawa pulang. Jika ukuran lobster itu lebih besar, dia akan membawanya ke Penangkaran Lobster Nasional.

Halaman:

Sumber Mirror
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X