Kisah Gado-gado yang Jadi "Raja Salad" di Ibu Kota Finlandia...

Kompas.com - 22/04/2021, 16:55 WIB
Gado-gado buatan Bali Brunch yang sangat digemari di Helsinki, ibu kota Finlandia. DOK GALIH GANESHA PUTRA BULGAMINGado-gado buatan Bali Brunch yang sangat digemari di Helsinki, ibu kota Finlandia.

HELSINKI, KOMPAS.com - Gado-gado makanan yang banyak dijumpai dan merakyat di Indonesia, tak disangka justru menjadi "raja salad" di Finlandia.

Popularitas gado-gado di Helsinki ibu kota Finlandia bahkan membuatnya jadi salah satu menu terfavorit, hampir menyamai rendang yang popularitasnya sudah mendunia.

Bali Brunch restoran Indonesia milik WNI di Finlandia, berkontribusi besar membuat gado-gado populer di kalangan masyarakat negara Skandinavia tersebut.

Baca juga: Ini Cara Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia Sedunia, Bisakah Indonesia Tiru?

Galih Ganesha Putra Bulgamin (38) co-founder dan co-owner Bali Brunch Helsinki bercerita, gado-gadonya bisa laku 20-30 porsi sehari dalam masa normal (sebelum pandemi Covid-19).

Untuk kota yang hanya berpopulasi sekitar 950.000 orang, penjualan puluhan porsi gado-gado itu termasuk memuaskan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bali Brunch (@balibrunchhelsinki)

"Bahan-bahannya khas Indonesia. Rasa coba sedekat mungkin kita bisa, cuma secara keseluruhan makanan kita cukup fusion," terang Galih dalam video call dengan Kompas.com, Rabu (7/4/2021).

Gado-gado racikan Bali Brunch Helsinki tanpa telur karena termasuk menu vegetarian, tidak direbus, dan sayurannya kukus.

"Jadi kita pakai baby spinach, pakai ruccola. Di Indonesia kan enggak pakai ruccola gado-gado. Cuma paduan rasanya sama aja kayak makan karedok enak," lanjut Galih yang sudah menetap di Finlandia selama 22 tahun.

Gado-gado khas Bali Brunch Helsinki dipatok seharga 12 euro per porsi, atau sekitar Rp 210.000.

Harga yang tinggi untuk ukuran di Indonesia, namun di Helsinki itu termasuk pas, tidak murah tapi juga tidak kemahalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X