Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Polisi Australia Sarankan Aplikasi untuk Rekam "Hubungan Seksual Suka Sama Suka"

Kompas.com - 18/03/2021, 23:22 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AP

CANBERRA, KOMPAS.com - Seorang polisi senior Australia menyarankan ada aplikasi telepon yang dikembangkan untuk merekam kesepakatan hubungan seksual suka sama suka.

Alat ini dinilainya perlu sebagai upaya meningkatkan penegakan hukuman dalam kasus kejahatan seksual.

Komisaris Polisi negara bagian New South Wales Mick Fuller mengatakan aplikasi kencan telah menyatukan pasangan. Teknologi yang sama menurutnya juga dapat memberikan kejelasan tentang pertanyaan tentang kesepakatan seksual.

“Teknologi tidak memperbaiki segalanya, tapi ... teknologi memainkan peran besar dalam pertemuan orang saat ini. Saya hanya menyarankan: apakah ini bagian dari solusi?” kata Fuller melansir AP pada Kamis (18/3/2021).

Fuller mengatakan jumlah serangan seksual yang dilaporkan di negara bagian terpadat di Australia meningkat.

Namun, tingkat keberhasilan penuntutan hanya 2 persen dari laporan tersebut. Hal ini dinilai telah mengindikasikan adanya kegagalan sistem.

"Kesepakatan tidak dapat tersirat," tulis Fuller di surat kabar News Corp. "Persetujuan harus aktif dan berkelanjutan selama hubungan seksual."

Baca juga: Perempuan Korban Kekerasan Seksual Ungkap Sekte Seks Mantan Pacar

Tanggapan atas saran aplikasi izin sebagian besar bersifat negatif atau skeptis.

Menteri Utama Australia Gladys Berejiklian memberi selamat kepada Fuller karena telah "memimpin perbincangan" tentang masalah pelecehan seksual. Tetapi Berejiklian menolak untuk menyampaikan pendapatnya tentang aplikasi tersebut.

Lesley-Anne Ey, pakar dari University of South Australia tentang perilaku seksual berbahaya yang melibatkan anak-anak, mengatakan menurutnya aplikasi tersebut tidak akan berhasil.

"Saya tidak berpikir mereka akan mengganggu relasi yang coba dibangun dalam aplikasi untuk memasukkan detail seperti itu di dalamnya," kata Ey kepada Australian Broadcasting Corp.

Catharine Lumby, spesialis etika dan akuntabilitas dari Universitas Sydney, menggambarkan aplikasi tersebut sebagai perbaikan cepat yang salah memahami situasi pelecehan seksual.

"Pada dasarnya apa yang sekarang kami menilai fakta bahwa ada sangat sedikit pria dalam masyarakat ini yang oportunis. Mereka yang membuat keputusan untuk melakukan pelecehan seksual terhadap wanita," kata Lumby.

Menurutnya, mereka tidak peduli di mana, bagaimana atau mengapa mereka melakukan “pelecehan”.

Baca juga: Sambil Tertawa, Wanita Ini Rekam Pelecehan Seksual terhadap Pacarnya yang Sekarat

“Mereka akan mengambil kesempatan dan saya yakin mereka lebih dari mampu untuk memanipulasi teknologi, "kata Lumby.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com