Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Per 1 Juli dapat Minta Ganja sebagai Obat dalam Resep Dokter Umum

Kompas.com - 18/03/2021, 23:21 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Editor

HOBART, KOMPAS.com - Warga Tasmania akan segera bisa mendatangi dokter umum dan meminta diresepkan ganja untuk alasan medis.

Namun, pemerintah negara bagian mengatakan, opsi yang baru mulai berlaku pada 1 Juli mendatang ini mungkin tidak akan sesederhana apa yang dipikirkan.

Tasmania adalah satu-satunya wilayah di Australia yang tidak memperbolehkan dokter umum meresepkan ganja karena alasan medis untuk pasiennya.

Secara legal, selama ini pasien hanya bisa mendapatkan akses ke obat ganja itu melalui dokter spesialis, misalnya neurolog.

Sejak September 2017 sampai Agustus 2020, hanya 16 orang Tasmania yang secara legal meresepkan ganja obat melalui Skema Akses yang Terkontrol dari pemerintah.

Para pegiat ganja obat serta sejumlah politisi, termasuk anggota dewan legislatif Tasmania, Ivan Dean dan senator dari Partai Buruh, Anna Urquhart dan Catryna Bilyk telah lama menyerukan agar skema ini diperbaiki.

Penyelidikan yang dilakukan oleh Senat untuk menyelidiki "hambatan akses pasien ke ganja obat di Australia" awal tahun lalu merekomendasikan agar negara bagian itu sejalan dengan kebijakan di wilayah-wilayah lainnya di Australia.

Senin lalu (15/3/2021), Pemerintah Tasmania akhirnya mengumumkan keputusan itu.

Baca juga: Tertangkap Basah Tanam Ganja, Pria Ini Dikejar dan Ditabrak Buldoser Hingga Tewas

Jadi, perubahan apa saja yang mempengaruhi Skema Akses yang Terkontrol?

Mulai 1 Juli, dokter umum Tasmania dapat meminta izin melalui Administrasi Barang Terapeutik untuk meresepkan ganja obat untuk pasien.

Para dokter umum harus mengajukan permohonan individual bagi setiap pasiennya melalui jalur aplikasi online dan mereka akan menerima otorisasi apakah boleh meresepkannya dalam waktu 48 jam.

Pasien yang disetujui resepnya melalui dokter akan mendapatkan salinan resepnya di apotek swasta.

Saat ini, semua ganja obat yang diresepkan melalui Skema Akses Terkontrol tersedia di apotek yang ada di rumah sakit di bawah sistem Layanan Kesehatan Tasmania, dan diberikan tarif yang disubsidi secara besar-besaran oleh Pemerintah Negara Bagian.

Dokter spesialis masih dapat meresepkan ganja obat, dan pasien yang mendapatkan resep dari dokter spesialis masih akan mendapatkan obat dengan harga bersubsidi.

Baca juga: Polisi Chile Sita 3 Ton Kokain dan Ganja, Dibungkus Kertas Bergambar Pablo Escobar

Apa pendapat para pegiat obat ganja?

Seorang Ibu dari Tasmania Utara, Lyn Cleaver, telah mencoba memasukkan putranya, Jeremy, ke dalam Skema Akses Terkontrol sejak dimulai pada 2017.

Dia mengatakan ganja membantunya mengatasi penyakit epilepsi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com