Catat Rekor 90 Ribu Kasus Baru, Kepercayaan Masyarakat Brasil pada Presidennya Makin Tumpul

Kompas.com - 18/03/2021, 22:38 WIB
Presiden Brasil Jair Bolsonaro berpidato dalam upacara penandatanganan undang-undang yang memperluas kemampuan pemerintah federal untuk memperoleh vaksin, di istana kepresidenan Planalto di Brasilia, Brasil, Rabu (10/3/2021). AP PHOTO/ERALDO PERESPresiden Brasil Jair Bolsonaro berpidato dalam upacara penandatanganan undang-undang yang memperluas kemampuan pemerintah federal untuk memperoleh vaksin, di istana kepresidenan Planalto di Brasilia, Brasil, Rabu (10/3/2021).

BRASILIA, KOMPAS.com - Kepercayaan masyarakat Brasil terhadap Presiden Brasil Jair Bolsonaro mencapai titik terendah seiring penemuan kasus baru yang mencapai rekor 90.000.

Brasil mencatat rekor satu hari lebih dari 90.000 kasus Covid-19 baru pada Rabu (17/3/2021).

Sebuah jajak pendapat yang diterbitkan oleh surat kabar Brasil Folha de S.Paulo pada malam sebelumnya mencatat bahwa 54 persen responden meyakini manajemen krisis kesehatan masyarakat oleh presiden buruk atau sangay buruk, menurut Reuters.

Dukungan untuk potensi pemakzulan Bolsonaro juga 4 persen lebih tinggi, daripada jajak pendapat yang diambil pada Januari, menjadi 46 persen.

Meski demikian 50 persen responden masih menentang pemakzulan.

Bolsonaro telah berulang kali berusaha mengkerdilkan masalah pandemi. Dia pernah menyebut virus itu sebagai "flu kecil."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Presiden berusia 65 tahun itu kini berada di bawah tekanan yang besar karena sistem perawatan kesehatan “Negeri Samba” semakin kritis akibat lonjakan kasus yang tidak terkendali.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Brasil Makin Memburuk, Korban Meninggal Harian Capai 2.286 Orang

Rumah sakit berada pada atau mendekati kapasitas di lebih dari setengah negara bagian Brasil karena lonjakan tersebut, menurut The Washington Post.

Bolsonaro menunjuk menteri kesehatan nasional yang baru minggu ini. Ini adalah Menteri kesehatan keempat yang dimiliki negara itu sejak pandemi dimulai.

Situasi Covid-19 di Brasil telah diperburuk oleh peluncuran vaksin yang lambat di negara tersebut.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.