Segini Besarnya Warisan Putri Diana yang Dipakai Hidup Pangeran Harry Usai Keluar dari Kerajaan Inggris

Kompas.com - 12/03/2021, 16:11 WIB
Tampak dinding warna kuning di ruangan di Istana Kensington. Istana ini ditempati Putri Diana saat menikah dengan Pangeran Charles. Tampak Diana bersama kedua putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry, saat keduanya masih balita. BIDIK LAYAR HELLO MAGAZINETampak dinding warna kuning di ruangan di Istana Kensington. Istana ini ditempati Putri Diana saat menikah dengan Pangeran Charles. Tampak Diana bersama kedua putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry, saat keduanya masih balita.

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran Harry mengungkap bahwa dirinya hidup berbekal warisan mendiang ibunya, Putri Diana, usai keluar dari Kerajaan Inggris dan dukungan finansialnya diputus.

Hal tersebut disampaikannya dalam wawancara dengan Oprah Winfrey di program A CBS Primetime Special yang menjadi kontroversi.

"Saya berbekal apa yang ibu tinggalkan untuk saya dan tanpa itu, kami tidak akan bisa melakukan ini," katanya tentang kepindahan ke Amerika Serikat (AS) bersama istrinya, Meghan Markle.

"Sepertinya dia tahu ini bakal terjadi dan dia bersama kami melalui proses ini," ujar ayah Archie Harrison Mountbatten-Windsor itu.

Baca juga: Berpotensi Tinggi dalam Bahaya, Pangeran Harry Butuh Rp 200,7 Juta Per Hari untuk Keamanan

Pengungkapan Pangeran Harry lalu membuat orang-orang bertanya-tanya seberapa banyak warisan Putri Diana yang ditinggalkan setelah ia wafat pada usia 36 tahun.

Melansir The Independent pada Rabu (10/3/2021), mantan istri Pangeran Charles tersebut meninggalkan perkebunan senilai 21 juta poundsterling (Rp 421,37 miliar), tetapi sekitar 8 juta pounds berupa pajak warisan.

Artinya, nilai bersih harta warisan Putri Diana untuk William dan Harry adalah 12.966.022 pounds (Rp 260,111 miliar), menurut Press Association.

Jumlah itu dibagi rata antara William dan Harry, yang masing-masing berusia 15 dan 12 tahun saat Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada 1997.

Baca juga: 5 Pengakuan Penting Pangeran Harry dan Meghan Markle dalam Wawancara Oprah Winfrey

Warisan Putri Diana tersebut lalu diinvestasikan oleh penasihat Kerajaan Inggris, yang nilainya bertambah menjadi sekitar 20 juta pounds (Rp 401,2 miliar), saat William dan Harry cukup umur untuk mengaksesnya.

Berdasarkan perubahan yang disepakati pada surat wasiat Desember 1997, setelah berusia 25 tahun William dan Harry berhak atas semua jatah warisan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X