Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Segini Besarnya Warisan Putri Diana yang Dipakai Hidup Pangeran Harry Usai Keluar dari Kerajaan Inggris

Hal tersebut disampaikannya dalam wawancara dengan Oprah Winfrey di program A CBS Primetime Special yang menjadi kontroversi.

"Saya berbekal apa yang ibu tinggalkan untuk saya dan tanpa itu, kami tidak akan bisa melakukan ini," katanya tentang kepindahan ke Amerika Serikat (AS) bersama istrinya, Meghan Markle.

"Sepertinya dia tahu ini bakal terjadi dan dia bersama kami melalui proses ini," ujar ayah Archie Harrison Mountbatten-Windsor itu.

Pengungkapan Pangeran Harry lalu membuat orang-orang bertanya-tanya seberapa banyak warisan Putri Diana yang ditinggalkan setelah ia wafat pada usia 36 tahun.

Melansir The Independent pada Rabu (10/3/2021), mantan istri Pangeran Charles tersebut meninggalkan perkebunan senilai 21 juta poundsterling (Rp 421,37 miliar), tetapi sekitar 8 juta pounds berupa pajak warisan.

Artinya, nilai bersih harta warisan Putri Diana untuk William dan Harry adalah 12.966.022 pounds (Rp 260,111 miliar), menurut Press Association.

Jumlah itu dibagi rata antara William dan Harry, yang masing-masing berusia 15 dan 12 tahun saat Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada 1997.

Warisan Putri Diana tersebut lalu diinvestasikan oleh penasihat Kerajaan Inggris, yang nilainya bertambah menjadi sekitar 20 juta pounds (Rp 401,2 miliar), saat William dan Harry cukup umur untuk mengaksesnya.

Berdasarkan perubahan yang disepakati pada surat wasiat Desember 1997, setelah berusia 25 tahun William dan Harry berhak atas semua jatah warisan mereka.

Namun sebelum usia 25 tahun, warisan Putri Diana dapat dibayarkan atas kebijaksanaan wali.

Para pengawas real estate bisa membayar modal ke William dan Harry kapan pun, tetapi saat mereka berusia 30 tahun keduanya boleh meminta bagian penuh modal mereka.

Kekayaan Putri Diana terdiri dari saham, perhiasan, harta perceraian dengan Charles senilai jutaan pounds, pakaian, serta barang-barang pribadinya.

Nenek buyut William dan Harry juga dikabarkan meninggalkan warisan sekitar 14 juta pounds (Rp 281 miliar) untuk mereka bagi.

Saat menikah dengan Harry, Meghan Markle dilaporkan memiliki pendapatan sekitar 5 juta dollar AS (Rp 72 miliar) dari karier aktingnya, terutama dalam drama televisi Suits.

September tahun lalu diumumkan bahwa Meghan dan Harry menandatangani kontrak bernilai jutaan dollar dengan Netflix, untuk memproduksi konten-konten eksklusif seperti film dokumenter dan program anak-anak.

Beberapa bulan kemudian mereka juga meneken kesepakatan dengan Spotify untuk membuat podcast.

*Semua konversi nilai uang poundsterling ke rupiah dihitung dengan kurs saat ini, 1 pounds = Rp 20.066.

https://www.kompas.com/global/read/2021/03/12/161139370/segini-besarnya-warisan-putri-diana-yang-dipakai-hidup-pangeran-harry

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke