Filipina Beli Rudal Supersonik Tercepat di Dunia Buatan India-Rusia

Kompas.com - 03/03/2021, 13:09 WIB
Sebuah peluncur rudal jelajah BrahMos dipamerkan di Rajpath selama parade Hari Republik di New Delhi pada 26 Januari 2011. India merayakan Hari Republik ke-62 di bawah pengamanan ketat, dengan ketegangan memuncak di Kashmir atas upaya para nasionalis Hindu untuk mengadakan demonstrasi di daerah bermasalah. ibukota negara bagian wilayah. Keamanan sangat ketat di New Delhi di mana sebagian besar ibu kota ditutup untuk parade tahunan perangkat keras militer. AFP PHOTO/RAVEENDRANSebuah peluncur rudal jelajah BrahMos dipamerkan di Rajpath selama parade Hari Republik di New Delhi pada 26 Januari 2011. India merayakan Hari Republik ke-62 di bawah pengamanan ketat, dengan ketegangan memuncak di Kashmir atas upaya para nasionalis Hindu untuk mengadakan demonstrasi di daerah bermasalah. ibukota negara bagian wilayah. Keamanan sangat ketat di New Delhi di mana sebagian besar ibu kota ditutup untuk parade tahunan perangkat keras militer.

MANILA, KOMPAS.com – Filipina dan India telah menandatangani perjanjian potensi pengadaan rudal jelajah BrahMos.

BrahMos merupakan rudal yang dikembangkan oleh India dan Rusia sebagaimana dilansir dari The Straits Times, Rabu (3/3/2021).

Filipina berharap rudal BrahMos tersebut mampu memperkuat pertahanan pesisirnya.

Dua pejabat yang menandatangi perjanjian tersebut adalah Wakil Menteri Pertahanan Filipina Raymund Elefante dan Duta Besar India Shambu Kumaran.

Baca juga: Israel Serang Suriah dengan Serentetan Rudal

Kedua pejabat itu menandatangani perjanjian pelaksanaan pada Selasa (2/3/2021) di Camp Aguinaldo, markas besar Angkatan Bersenjata Filipina, menurut Kementerian Pertahanan Nasional Filipina di Facebook.

Perjanjian tersebut juga melibatkan pengadaan material dan peralatan pertahanan oleh Filipina dari India.

"Kami membeli rudal BrahMos," kata Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana, yang menyaksikan upacara penandatanganan.

Kendati demikian, dia belum merinci rencana pengadaan tersebut atau berapa banyak rudal BrahMos yang dibeli.

Baca juga: Israel Lancarkan Serangan Rudal ke Suriah, Ditangkis Sistem Pertahanan Udara

BrahMos adalah rudal supersonik jarak menengah yang dapat diluncurkan dari kapal selam, kapal, pesawat, atau dari darat.

Selain itu, rudal tersebut juga dapat digunakan untuk pertahanan pesisir dan serangan darat. Rudal ini dianggap sebagai rudal supersonik tercepat di dunia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X