Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2021, 21:55 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkritisi Amerika Serikat yang mengelurkan negaranya dari program jet F-35, setelah Ankara membeli sistem pertahanan rudal S-400 Rusia yang memicu sanksi AS.

Erdogan menyampaikan kritiknya setelah shalat Jumat (15/1/2021) di Istanbul. Ia mengatakan bahwa Turki telah membayar "uang dengan sangat banyak" untuk mendapatkan jet siluman F-35.

"Ini adalah kesalahan yang sangat serius yang telah dilakukan Amerika, sebagai negara sekutu, kepada kami," kata Erdogan seperti yang dilansir dari Kathimerini pada Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Turki dan Jerman Pertimbangkan Produksi Vaksin Covid-19 Bersama

"Saya berharap dengan Joe Biden menjabat dapat diskusi, dia akan mengambil langkah yang lebih positif dan kita bisa meluruskan ini," tambahnya.

Turki telah dihapus dari program F-35, meskipun telah menghasilkan beberapa bagian untuk jet tersebut.

AS mengatakan sistem Rusia dapat membahayakan keselamatan F-35.

Baca juga: Turki Laporkan 15 Kasus Varian Baru Virus Corona, Semuanya Pelancong dari Inggris.

AS menghentikan pelatihan pilot Turki dan mengatakan Turki tidak akan diizinkan untuk mengambil alih kepemilikan terakhir dari 4 pesawat yang dibelinya.

Erdogan tetap menentang, mengatakan negara itu melanjutkan dialog dengan Rusia tentang "paket kedua" dari sistem rudal darat ke udara, S-400, dan akan membahas rinciannya pada akhir bulan.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Kuil Pemujaan Dewi Yunani Kuno di Turki, Usianya 2.500 Tahun

Turki menerima gelombang pertama sistem pada 2019 dan mengujinya pada musim gugur.

Washington juga memberi sanksi kepada 4 pejabat pertahanan Turki pada Desember di bawah Undang-Undang Melawan Musuh Amerika Melalui Sanksi, undang-undang AS yang bertujuan menggagalkan pengaruh Rusia.

Baca juga: Presiden Turki Erdogan Disuntik Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac

Sanksi tersebut, termasuk larangan mengeluarkan izin ekspor kepada Kepresidenan Industri Pertahanan Turki, adalah pertama kalinya undang-undang tersebut digunakan untuk menghukum sekutu NATO.

"Tidak ada negara yang dapat memutuskan langkah-langkah yang akan kami ambil untuk industri pertahanan kami," tandas Erdogan.

Baca juga: Yunani-Arab Saudi Gelar Latihan Militer Gabungan, Turki Khawatir

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com