Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Serang Suriah dengan Serentetan Rudal

Kompas.com - 01/03/2021, 06:54 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

DAMASKUS, KOMPAS.com – Israel dilaporkan menyerang target di sekitar ibu kota Suriah, Damaskus, dengan serentetan rudal.

Laporan itu disampaikan oleh tentara Suriah pada Minggu (28/2/2021) malam waktu setempat sebagaimana dilansir dari Reuters.

Mereka menambahkan, serangan itu berasal dari Dataran Tinggi Golan. Tentara Suriah mengeklaim, pihaknya menjatuhkan sebagian besar dari rudal-rudal yang diluncurkan itu.

Baca juga: Biden Ungkap Pesan Terselubung dari Serangan Udara Pertama di Suriah

Melansir Reuters, seorang juru bicara militer Israel menolak berkomentar ketika ditanya tentang laporan tersebut.

Di Israel, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan negaranya siap mengambil tindakan "hampir setiap pekan" untuk mencegah kubu Iran di Suriah.

Pernyataan itu disampaikan Gantz kepada para pendukung partainya pada Jumat (26/2/2021).

Baca juga: Suriah Kutuk Keras Serangan AS sebagai Tindakan Pengecut

Sumber intelijen regional mengatakan, Pasukan Quds Iran dan milisi yang didukungnya memiliki kehadiran yang kuat di sejumlah pangkalan bawah tanah di pinggiran selatan Damaskus.

Kehadiran kekuatan Iran beserta milisi yang didukungnya tersebut dilaporkan telah tersebar di Suriah dalam beberapa tahun terakhir.

Israel menyerang apa yang disebutnya sebagai target terkait Iran di Suriah secara teratur dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: AS Gunakan Bom Presisi 500 Pon dalam Serangan Pertamanya di Suriah

Israel juga meningkatkan serangannya pada tahun ini. Sejumlah sumber dari intelijen Barat menyebut, serangan Israel sebagai perang bayangan untuk mengurangi pengaruh Iran.

Presiden Suriah Bashar al-Assad tidak pernah secara terbuka mengakui adanya pasukan Iran yang beroperasi atas namanya dalam perang saudara Suriah.

Assad hanya menyebut bahwa Iran hanya mengirim penasihat militer ke Suriah.

Sumber intelijen Barat mengatakan serangan Israel tahun ini berhasil merusak kekuatan militer Iran yang luas di Suriah tanpa memicu peningkatan besar dalam permusuhan.

Baca juga: Biden Perintahkan Serangan Udara ke Suriah, 17 Orang Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com