Iran Uji Coba Rudal Balistik Lagi, Mampu Jangkau Samudra Hindia

Kompas.com - 17/01/2021, 13:46 WIB
Ilustrasi rudal. SHUTTERSTOCKIlustrasi rudal.

TEHERAN, KOMPAS.com – Garda Revolusi Iran menguji coba rudal balistiknya terhadap target di Samudra Hindia pada Sabtu (16/1/2021).

Situs resmi Garda Revolusi Iran, Sepahnews, melaporkan uji coba tersebut merupakan penutup latihan yang digelar selama dua hari.

Sepahnews mengabarkan, rudal-rudal dari berbagai kelas berhasil mengenai target dan menghancurkannya dari jarak 1.800 kilometer.

Garda Revolusi Iran manambahkan, rudal tersebut ditembakkan dari Iran tengah ke wilayah utara Samudra Hindia sebagaimana dilansir dari AFP.

Baca juga: Pengawal Revolusi Iran Gencar Latihan Militer di Tengah Ketegangan Tinggi dengan AS

Sebuah video yang dirilis oleh televisi pemerintah Iran menunjukkan dua rudal diluncurkan dan mengenai target di laut.

Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mayor Jenderal Mohammad Bagheri dilaporkan hadir pada hari kedua latihan tersebut.

Bagheri hadir ditemani oleh Kepala Garda Revolusi Iran Mayor Jenderal Hossein Salami dan Komandan Angkatan Udara Garda Revolusi Iran Brigadir Jenderal Amirali Hajizadeh.

"Salah satu tujuan utama kami dalam kebijakan dan strategi pertahanan adalah dapat menargetkan kapal musuh, termasuk kapal induk dan kapal perang, dengan menggunakan rudal balistik jarak jauh," kata Salami dikutip oleh Sepahnews.

Baca juga: Di Depan Kapal Selam AS, Iran Pamerkan Peluncuran Rudal Jelajahnya

Sementara itu, Bagheri mengatakan, peluncuran rudal itu menunjukkan bahwa Iran siap merespons setiap niat buruk dari musuh-musuhnya.

Dia menambahkan, jika musuh-musuh Iran akan menjadi sasaran dan akan dihancurkan oleh rudal milik Iran.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X