Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama antara Universitas di Indonesia dengan Panama-Kosta Rika Difasilitasi KBRI

Kompas.com - 06/02/2021, 11:01 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber Rilis

PANAMA CITY, KOMPAS.com - KBRI Panama City dilaporkan telah memfasilitasi kerja sama antara beberapa universitas di Indonesia dengan beberapa universitas di Panama-Kosta Rika.

Berdasarkan rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (6/2/2021), KBRI Panama menyelenggarakan pertemuan virtual yang berisi tentang diskusi kerja sama internasional di bidang pendidikan tinggi antara Indonesia, Panama dan Kosta Rika.

Pertemuan virtual itu terselenggara pada Jumat (5/2/2021) pukul 20.30 WIB atau 08.30 waktu Panama.

“Indonesia dan Panama secara resmi menjalin hubungan bilateral pada 1979. Indonesia dan Kosta Rika pada 1985. Namun hingga kini rakyat Indonesia masih belum banyak tahu Panama dan Kosta Rika, begitu juga sebaliknya," ujar Dubes RI, Sukmo Harsono pada saat membuka pertemuan.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah peningkatan people-to-people contact melalui kerja sama antar universitas," lanjut Dubes Sukmo.

Baca juga: Melalui CIALO 2021, KBRI Roma Perkuat Kerja Sama Pelajar Indonesia-Italia

Pertemuan virtual itu dihadiri oleh 65 peserta dari 9 universitas di Indonesia, Panama, dan Kosta Rika.

Beberapa universitas dari Indonesia di antaranya Universitas Gunadarma, STIMATA, STIENUS, STMIK Jakarta dan AKMRTV.

Adapun universitas dari Panama di antaranya Universidad de Panamá dan Universidad Technologica de Panamá. Sementara dari Kosta Rika, Universidad de Costa Rica dan Universidad Nacional de Costa Rica.

Selanjutnya, Dubes Sukmo juga menyampaikan bahwa Indonesia memiliki total lebih dari 4.000 universitas negeri dan swasta.

Dari ribuan universitas tersebut, Universitas Gunadarma merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang siap bekerja sama dengan universitas di Panama dan Kosta Rika.

Baca juga: KBRI Teheran Identifikasi Dua WNI di Kapal Tanker Minyak yang Disita Iran

 

Menanggapi Dubes Sukmo, Rektor Gunadarma, Prof. Dr. E.S. Margianti SE, MM yang juga turut membuka kegiatan menyampaikan bahwa “Universitas Gunadarma siap menjalin kerja sama yang konkret dengan universitas di Panama dan Kosta Rika."

Selama pertemuan virtual melalui aplikasi Zoom tersebut, setiap universitas yang berpartisipasi menyampaikan profil universitas masing-masing dan program kerja sama yang dimiliki.

Pada sesi diskusi, seluruh peserta sepakat pada rencana aksi untuk memulai proses Memorandum of Understanding untuk meresmikan kerja sama.

Beberapa agenda yang akan diwujudkan di antaranya menyelenggarakan webinar secara reguler agar para mahasiswa di Indonesia dan Panama juga Kosta Rika dapat saling mengenal lebih dekat.

Kursus bahasa Spanyol dan Indonesia secara virtual, proyek joint-research, publikasi penelitian bersama, serta pertukaran pelajar dan dosen dari masing-masing universitas.

Baca juga: KBRI Oslo Sambut Baik Kerja Sama Pascasarjana UGM dengan Universitas Agder

Mendirikan 'Indonesian Corner'

Hal menarik lainnya dalam proposal kerja sama tersebut adalah didirikannya Indonesian Corner sebagai upaya meningkatkan pengetahuan tentang Indonesia ke sivitas akademika di Panama dan Kosta Rika.

Universitas di Panama dan Kosta Rika diajak untuk menyediakan ruang khusus untuk diisi dengan berbagai hal dan aktivitas mengenai Indonesia seperti perpustakaan Indonesia, atau barang-barang budaya Indonesia yang menarik untuk dipelajari.

Perwakilan dari Universidad de Panamá dan Universidad Tecnologica de Panamá juga menanggapi dengan menyambut baik usulan pendirian Indonesian Corner, dan siap berkolaborasi untuk mewujudkannya.

Selanjutnya, wakil dari Universidad de Panamá, Ronel Solís menyampaikan, “Indonesia merupakan emerging power country serta banyak hal yang bisa dipelajari oleh Panama dari Indonesia."

Baca juga: KBRI London Ajak Mahasiswa Diaspora Berkontribusi Bangun Bangsa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com