Kompas.com - 27/12/2020, 13:56 WIB

SACRAMENTO, KOMPAS.com - Silicon Valley kembali menjadi perbincangan belakangan ini, tetapi bukan karena produk atau inovasinya, melainkan banyaknya perusahaan top yang keluar dari sana.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, sejumlah perusahaan top seperti Oracle dan Hewlett Packard Enterprise pindah dari Silicon Valley sebagai efek pandemi virus corona.

Pegawai yang boleh kerja remote, biaya hidup tinggi, dan lokasi yang berdekatan dengan kebakaran hutan California, membuat beberapa penghuni Silicon Valley melirik lokasi lain.

Baca juga: Efek Pandemi, Banyak Perusahaan Top Pindah dari Silicon Valley

Eksodus ini dipimpin oleh pendiri Tesla, Elon Musk; pendiri Oracle, Larry Ellison; bersama salah satu pendiri Palantir, Peter Thiel; dan kepala eksekutif perusahaan analisis data Alex Karp.

Lantas bagaimana sebenarnya riwayat berdirinya Silicon Valley, dan dari mana asal-usul namanya?

Dilansir dari siliconvalleyhistorical.org, ada banyak teori tentang sejarah Silicon Valley dan beberapa merujuk pada Wild West atau era koboi.

Lalu menurut Business Insider, cikal bakal Silicon Valley bermula pada akhir 1800-an ketika pelabuhan San Francisco membantunya jadi pusat industri telegraf dan radio.

Kemudian tahun 1909 San Jose menjadi rumah bagi salah satu stasiun radio pertama AS. Lokasi itu terus berkembang hingga 1933 Angkatan Laut AS membeli Moffet Field untuk berlabuh dan merawat USS Macon.

Moffet Field lalu menjelma jadi pusat industri dirgantara. Banyak ilmuwan dan peneliti yang mencari nafkah di sana.

Baca juga: [Cerita Dunia] Mikhail Gorbachev Mundur, Uni Soviet Runtuh

Selanjutnya pada 1939 William Hewlett dan Dave Packard mendirikan Hewlett-Packard (HP) di Palo Alto, yang produk awal mereka adalah osiloskop.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.