Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Ditemukan di Utah, "Monolit" Logam Misterius Muncul di Romania

Kompas.com - 01/12/2020, 11:04 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

BUCHAREST,KOMPAS.com - Monolit, logam misterius dilaporkan terlihat di Romania, beberapa hari setelah benda yang sama dikabarkan menghilang di Utah, AS.

Benda dengan tinggi 4 meter itu ditemukan di Bukit Barca Doamnei di kota Piatra Neamt, berdasarkan pemberitaan media setempat.

Baca juga: Monolit Logam Misterius yang Dikira dari Dunia Lain Dilaporkan Menghilang

Munculnya benda berbentuk segitiga berlubang dengan tulisan melingkar sudah memunculkan berbagai spekulasi, seperti dari mana dia berasal.

Keberadaan monolit di Romania sama dengan yang ditemukan di gurun terpencil Utah dua pekan lalu, seperti diberitakan Sky News Senin (30/11/2020).

Munculnya logam misterius di Eropa itu memantik pertanyaan publik, apakah benda itu ada kesamaan dengan yang terlihat di AS.

Namun pada akhir pekan lalu, Biro Manajemen Pertanahan Utah menyatakan struktur itu dipindahkan tanpa sepengetahuan mereka pada 27 November.

Benda itu terlihat oleh pilot helikopter pada awal bulan lalu, ketika mereka tengah membantu menghitung kawanan domba tanduk besar.

Berita tentang penemuan itu dengan cepat menjadi viral, serta banyak juga yang mencatat kemiripan obyek tersebut dengan monolit alien aneh dalam buku fiksi ilmiah klasik 2001: A Space Odyssey.

Dalam buku yang ditulis oleh Arthur C Clarke itu, dikisahkan bahwa monolit datang ke Bumi dan memberi pencerahan kepada kawanan kera.

Baca juga: Monolit Logam yang Dikira dari Dunia Lain Hilang, Ini Respons Netizen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com