Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Monolit" Logam Misterius yang Dikira dari Dunia Lain Dilaporkan Menghilang

Kompas.com - 29/11/2020, 12:58 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

UTAH, KOMPAS.com - "Monolit" logam misterius yang ditemukan di lanskap gurun batu merah Utah di bagian barat Amerika Serikat (AS) kini dilaporkan menghilang, ungkap pejabat setempat dikutip AFP pada Sabtu (28/11/2020).

Biro Manajemen Tanah di Utah mengatakan bahwa mereka mendapatkan laporan terpercaya tentang hilangnya obyek logam tersebut, yang mungkin dipindahkan oleh pihak tak dikenal pada Jumat malam.

Baca juga: Berkat Internet, Misteri Monolit Logam di Gurun Utah Mulai Terpecahkan

Dalam sebuah pernyataan biro itu mengatakan bahwa mereka "tidak memindahkan struktur apapun yang dianggap milik pribadi seseorang".

"Kami tidak menyelidiki kejahatan yang melibatkan properti pribadi yang ditangani oleh kantor kepala polisi daerah setempat."

Logam yang berdiri bagai pilar dengan sudut segitiga menonjol sekitar 3,6 meter dari bebatuan merah di Utah Selatan tampak pertama kali pada 18 November lalu oleh pejabat setempat yang tengah memantau domba tanduk besar dari helikopter.

Baca juga: Monolit Logam Misterius Ditemukan di Utah, Dikira dari Dunia Lain

Setelah mendaratkan helikopter mereka untuk menyelidiki, anggota kru Departemen Keamanan Publik Utah menemukan sebuah "monolit" logam terpancang di tanah tetapi tidak ada indikasi yang jelas tentang siapa yang mungkin menaruh "monolit" itu di sana.

Berita tentang penemuan itu dengan cepat menjadi viral, serta banyak juga yang mencatat kemiripan obyek tersebut dengan monolit alien aneh dalam film fiksi ilmiah klasik Stanley Kubrick "2001: A Space Odyssey."

Meskipun para pejabat yang menemukan obyek itu menolak untuk mengungkapkan lokasi persisnya, khawatir adanya pasukan wisatawan yang ingin tahu dan berbondong-bondong ke hutan belantara terpencil dan tersesat, beberapa penjelajah berhasil melacaknya.

Baca juga: Pilot Helikopter Temukan Monolit Logam Misterius di Gurun Terpencil AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com