Pejabat Selandia Baru Dakwa 13 Pihak yang Sebabkan Korban Ledakan Gunung Berapi White Island

Kompas.com - 30/11/2020, 17:17 WIB
White Island di Selandia Baru. Dok. Science AlertWhite Island di Selandia Baru.

WELLINGTON, KOMPAS.com - Pejabat Selandia Baru telah mengajukan dakwaan kepada 13 pihak yang diduga gagal memenuhi kewajiban kesehatan dan keselamatan mereka saat mengunjungi gunung berapi aktif yang menewaskan 22 orang saat meletus pada 2019.

White Island, yang juga dikenal dengan nama Maori Whakaari, adalah gunung berapi aktif di lepas pantai Pulau Utara Selandia Baru.

Itu adalah destinasi wisata populer sebelum meletus pada Desember 2019, yang menewaskan pemandu dan pengunjung lokal.

Regulator kesehatan dan keselamatan tempat kerja negara itu, WorkSafe New Zealand, pada Senin (30/11/2020) mengumumkan bahwa mereka telah mengajukan tuntutan terhadap 10 organisasi dan tiga individu.

Baca juga: Telepon Biden, PM Selandia Baru Tawarkan Tips dan Trik Tangani Wabah Covid-19

Institusi itu menuduh 13 pihak itu tidak melakukan prosedur wajar yang dapat dipraktikkan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pekerja serta pengunjung White Island.

Melansir CNN pada Minggu (30/11/2020), masing-masing organisasi menghadapi denda maksimum 1,1 juta dollar AS (Rp 15,5 miliar), sementara individu menghadapi denda maksimum 211.000 dollar AS (Rp 2,9 miliar).

"Itu adalah peristiwa yang tidak terduga, tetapi itu bukan berarti tidak ada kewajiban bagi operator (SOP) untuk melindungi mereka yang berada dalam tanggung jawab mereka," kata kepala eksekutif WorkSafe Phil Parkes.

Dalam beberapa pekan sebelum letusan, layanan pemantauan gunung berapi Selandia Baru, GeoNet, menaikkan tingkat kewaspadaan di White Island menjadi Level 2 dari 5, yang berarti ada "aktivitas vulkanik sedang hingga tinggi."

Baca juga: Polisi Selandia Baru Perkenalkan Hijab sebagai Seragam Resmi Mereka

Empat puluh tujuh orang berada di pulau itu pada saat ledakan, termasuk yang berbulan madu dan keluarga.

Parkes mengatakan bahwa mereka pergi ke sana dengan harapan bahwa ada sistem untuk memastikan mereka pulang dengan selamat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X