Berselang Sepekan, Israel Kembali Serang Gaza

Kompas.com - 23/11/2020, 10:19 WIB
Asap dan api membubung menyusul serangan udara Israel di Khan Yunis, di selatan Jalur Gaza pada 16 September 2020. Israel mengebom tempat itu setelah dua roket ditembakkan dari Gaza, dengan salah satunya jatuh di Ashdod dan melukai dua orang. AFP PHOTO/SAID KHATIBAsap dan api membubung menyusul serangan udara Israel di Khan Yunis, di selatan Jalur Gaza pada 16 September 2020. Israel mengebom tempat itu setelah dua roket ditembakkan dari Gaza, dengan salah satunya jatuh di Ashdod dan melukai dua orang.

GAZA CITY, KOMPAS.com - Militer Israel melaporkan bahwa jet tempurnya menyerang sasaran milik Hamas di Gaza pada Minggu (22/11/2020) malam waktu setempat.

Serangan tersebut merupakan balasan atas serangan roket yang dilancarkan ke wilayah Israel pada malam sebelumnya.

Pasukan Pertahanan Israel ( IDF) mengatakan jet tempur milik Angkatan Udara Usrael menyerang dua lokasi pembuatan amunisi roket milik Hamas di Gaza.

Baca juga: Diserang Roket dari Gaza, Israel Balas Tembaki Pos-pos Hamas

Selain itu, mereka juga menyerang apa yang mereka sebut sebagai infrastruktur bawah tanah dan kompleks militer Hamas sebagaimana dilansir dari United Press International.

Militer Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas semua serangan terhadap wilayah Israel yang berasal dari Gaza.

"Kami menganggap Hamas bertanggung jawab," kata militer dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: PBB: Warga Gaza Mengais Sampah Demi Mendapatkan Makanan

Militer Israel menambahkan bahwa sebuah serangan roket menghujam wilayah Israel selatan pada Sabtu (21/11/2020) malam waktu setempat.

The Jerusalem Post melaporkan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz memperingatkan Hamas agar tidak melakukan provokasi lagi.

"IDF melakukan pembalasan besar dan kuat malam ini," kata Gantz.

Baca juga: PBB: Israel Hancurkan Lebih dari 500 Bangunan Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza pada 2020

"Kami hidup dengan rencana operasional yang sangat luas untuk melindungi rakyat di selatan dan jika pelanggaran kedaulatan ini berlanjut, Hamas dan rakyat Gaza akan segera memenuhi rencana ini dan saya sangat menyarankan mereka untuk tidak melakukannya," imbuhnya.

Serangan itu terjadi berselang sepekan setelah militer Israel menyerang infrastruktur dan bawah tanah dan fasilitas militer Hamas di Gaza.

Serangan yang dilakukan sirael pada pekan lalu juga merupakan tanggapan atas peluncuran roket ke arah pusat Israel.

Di sisi lain, tidak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas peluncuran roket dari Gaza ke wilayah Israel.

Baca juga: Israel Bom Gaza Setelah Diserang Menggunakan 2 Roket


Sumber UPI
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X