Gara-gara Kue, Diplomat China dan Taiwan Berkelahi di Hotel

Kompas.com - 20/10/2020, 07:41 WIB
Ilustrasi kue sus gurih isi keju dan salmon panggang. SHUTTERSTOCK/P-KHEAWTASANGIlustrasi kue sus gurih isi keju dan salmon panggang.

SUVA, KOMPAS.com - Taiwan dan China saling tuduh pada Senin (19/10/2020), atas perkelahian yang melibatkan diplomat mereka dalam sebuah pesta di Fiji.

Taipei menuduh dua pejabat China merusak gerbang acara di hotel mewah Grand Pacific di Suva, ibu kota Fiji, pada 8 Oktober dan menyerang seorang karyawan.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan, kedutaan besarnya mengadakan pesta untuk 100 tamu kehormatan guna merayakan Hari Nasional Taiwan.

Baca juga: Terus Cekcok dengan China, Mungkinkah Taiwan Butuh Senjata Nuklir?

Mereka mengklaim dua pejabat China itu memotret para tamu dan saat diusir justru menyerang seorang pejabat Taiwan, hingga akhirnya korban masuk rumah sakit.

"Kami mengecam keras tindakan staf kedutaan besar China di Fiji karena secara serius melanggar aturan hukum dan kode etik," ucap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Taiwan Joanne Ou dikutip dari AFP, Senin (19/20/2020).

Akan tetap China membeberkan versi berbeda.

Baca juga: AS Desak Taiwan Tingkatkan Strategi Pertahanan Anti-Akses untuk Cegah Invasi China

Kedutaan Besar Beijing di Fiji mengonfirmasi para pejabatnya berada di "area publik di luar tempat acara" dengan menjalankan "tugas resmi" yang tidak dijelaskan spesifik saat insiden terjadi.

Mereka juga mengklaim staf Taiwan bertindak provokatif, menyebabkan cedera dan luka-luka pada seorang diplomat China.

Dalam briefing pada Senin Kementerian Luar Negeri China berujar bahwa para pejabatnya mengungkap ada kue berbendera Taiwan di pesta tersebut.

Baca juga: Militer India Tangkap Tentara China di Wilayah Sengketa

"Bendera nasional palsu dipajang secara terbuka di tempat kejadian, kue itu juga ditandai dengan bendera nasional palsu," ujar Juru Bicara Zhao Lijian kepada wartawan.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X