Diguncang Gempa 7,5 M, Pantai Selatan Alaska AS Terancam Tsunami

Kompas.com - 20/10/2020, 06:48 WIB
Ilustrasi tsunami ShutterstockIlustrasi tsunami

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Peringatan tsunami dikeluarkan pada Senin (19/10/2020) setelah gempa 7,5 magnitudo mengguncang lepas pantai Alaska, Amerika Serikat ( AS).

Peringatan tsunami mencakup sebagian besar pantai selatan di negara bagian tersebut, termasuk Semenanjung Alaska yang berpenduduk sedikit, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration.

Zona rawan saat ini membentang ratusan kilometer arah timur laut ke Cook Inlet, sampai dekat Anchorage kota terbesar di sana yang terletak di ujung teluk.

Baca juga: Hanya Berjarak 16 Menit, 2 Gempa M 5,8 dan M 5,7 Guncang Mentawai

"Tingkat bahaya tsunami sedang dievaluasi," kata National Oceanic and Atmospheric Administration memperingatkan, dikutip dari AFP.

Pusat gempa bumi berada sekitar 92 km dari kota kecil Sand Point dengan kedalaman 40 km, ujar Survei Geologi AS (USGS).

Ada "kemungkinan kecil korban dan kerusakan" dari gempa itu, tambah keterangan USGS.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Pulau Pagai Selatan, Sumatera Barat


Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X