Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marissa Hutabarat, Diaspora Indonesia yang Jadi Hakim di AS

Kompas.com - 16/10/2020, 10:17 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

LOUISIANA, KOMPAS.com - Marissa Hutabarat, diaspora Indonesia yang baru-baru ini terpilih menjadi hakim dalam pemilu lokal di kota New Orleans, negara bagian Lousiana membagikan tips-nya mencapai kesuksesan.

"Kejarlah mimpimu dan bekerja keraslah demi mewujudkannya," ungkap Marissa kepada VoA Indonesia via YouTube.

Marissa terpilih menjadi hakim di New Orleans pada 15 Agustus 2020 lalu, mengalahkan saingannya yang juga berasal dari Partai Demokrat.

Melansir VoA Indonesia, sebelum menjadi hakim, Marissa bekerja sebagai seorang pengacara cedera pribadi atau personal injury attorney.

Baca juga: Diaspora Indonesia Akan Dirikan Pabrik Tempe Skala Besar Pertama di Midwest Amerika Serikat

Pengalaman Marissa menjadi pengacara dianggapnya sangat membantu dalam memahami sudut pandang banyak orang yang mengajukan kasus di pengadilan.

Berbekal pengalamannya itu, Marissa ingin memastikan pada setiap orang yang hadir di pengadilan merasakan penerimaan, merasa dihormati dan merasa suara mereka didengar oleh hakim yang berlaku adil dan tidak memihak.

Lahir dengan darah keturunan Indonesia (Batak) dari sang ayah dan Tionghoa Thailand dari ibunya, Marissa mengaku pernah diajari bahasa Batak oleh "opung"nya (kakek).

Marissa Hutabarat bersama ayah dan ibunya.Tangkapan layar video VoA Indonesia Marissa Hutabarat bersama ayah dan ibunya.

Baca juga: Tokoh Agama dan Diaspora Indonesia AS, Kanada dan Indonesia Gaungkan Solidaritas di Tengah Wabah Covid-19

Marissa juga lahir dan besar di Amerika, dia bahkan sama sekali belum pernah ke Indonesia. Namun, Marissa mengaku dia dibesarkan dengan nilai-nilai budaya Indonesia di mana keluarga sangat dianggap penting.

Dia juga mengaku bangga memiliki darah Indonesia.

Marissa juga mengaku dirinya agak malu karena belum bisa berbahasa Indonesia tapi dia berencana untuk segera mempelajarinya.

"Paling tidak, cukup untuk dapat mengerti," ujar Marissa seperti dikutip VoA Indonesia.

Baca juga: Diaspora Indonesia: Kembali Pulang atau Mengabdi dari Dunia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com