Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh Agama dan Diaspora Indonesia AS, Kanada dan Indonesia Gaungkan Solidaritas di Tengah Wabah Covid-19

Kompas.com - 18/05/2020, 19:35 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

 

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pada Sabtu (16/5/2020) Diaspora Indonesia di Amerika Serikat (AS) dan Kanada sukses berkolaborasi menyelenggarakan acara bertajuk “Rantai Doa dan Aksi (RDA)”.

Acara itu dimaksudkan untuk menggalang kepedulian dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dengan tema yang diangkat, “Meneguhkan Solidaritas Diaspora Indonesia di AS-Kanada dengan Masyarakat di Tanah Air”.

Melalui saluran Youtube dan Facebook KBRI Washington DC, acara RDA tersebut didukung oleh seluruh Perwakilan RI di AS dan Kanada.

Seperti PTRI New York, KBRI Ottawa, KJRI Houston, KJRI San Francisco, KJRI Los Angeles, KJRI New York, KJRI Chicago, KJRI Vancouver, KJRI Toronto, dan KBRI Washington DC.

Dari kedua saluran tersebut, acara RDA telah dilihat lebih dari 7.000 kali (4.800 di Facebook dan 2.295 di YouTube).

Baca juga: KBRI Washington DC Berikan 112 Paket Sembako ke WNI Terdampak Wabah Covid-19

Tidak saja dari AS dan Kanada, RDA juga dilihat oleh warga tanah air yang berasal dari Madiun, Bali, Pasuruan, Banten, dan Palangkaraya, serta beberapa diaspora Indonesia di Taiwan dan Swedia.

RDA dikemas dalam empat babak dan diawali dengan cuplikan liputan media nasional dan internasional mengenai situasi dunia sebelum wabah Covid-19.

Juga disambung dengan cuplikan liputan situasi dunia yang jauh berubah saat pandemi datang.

Pada pokok acara, penonton diajak untuk bersatu dalam semangat solidaritas, soliditas, optimisme, dan harapan yang kuat untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Pesan dan doa lintas agama disampaikan oleh para pemuka agama dari tanah air dan dari AS dan Kanada.

Pada bagian penutup acara, penonton diajak untuk melakukan aksi nyata sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, khususnya di masa sulit saat ini.

Diantara para pemuka agama di AS yang menyampaikan doa pada acara tersebut adalah Ustaz Mohammad Joban, Imam di Masjid ar-Rahmah, Redmont, di Seattle, Washington, dan Imam Shamsi Ali, Pimpinan Nusantara Foundation, di New York.

Baca juga: KBRI Washington Pantau Kesehatan WNI Kelompok Rentan Covid-19 Secara Online

Pesan senada juga diungkapkan oleh para tokoh dan wakil umat beragama di AS, diantaranya termasuk Imam Fahmi Zubir, Desak Nyoman Sri Gestari, Pendeta Theny Landena, Romo Dimas Pele Alu O.Carm, Pendeta Deetje Tiwa-Rotinsulu, dan Phra Sombati Pavitto.

Sedangkan pemuka agama dari tanah air yang juga turut menyampaikan pesan melalui rekaman video diantaranya adalah KH Said Aqil Siradj, KH Haedar Nashir, KH Nasaruddin Umar, Pendeta Gomar Gultom, Ignatius Kardinal Suharyo, Xs. Budi S. Tanuwibowo, Bhante Jutaliko Mahathera, dan Pinandito Astono Chandra Dana.

Sementara itu, acara Rantai Doa dan Aksi dipandu oleh dua moderator, yaitu Sekretaris IMAAM Center Vivi Darmansyah dari Washington DC dan Host Religi sekaligus Motivator Agus Idwar dari Jakarta.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com