Setelah Positif Covid-19 dan Dirawat di RS, Eks Gubernur Ini Minta Masyarakat Pakai Masker

Kompas.com - 16/10/2020, 10:05 WIB
Mantan Gubernur New Jersey, Chris Christie. Twitter @GovChristieMantan Gubernur New Jersey, Chris Christie.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Mantan Gubernur New Jersey Chris Christie mengakui kesalahannya karena tidak memakai masker saat di Gedung Putih setelah dia dan Presiden Amerika Serikat ( AS) terinfeksi virus corona.

Dalam sebuah pernyataan, Christie mengatakan telah pulih dari Covid-19 setelah dirawat secara intensif di rumah sakit selama sepekan.

Dilansir dari The Independent, Jumat (16/10/2020), dia juga meminta para pemimpin politik untuk mengadvokasi pemakaian masker.

Menurutnya, praktik memakai masker semakin dipolitisasi bahkan ketika pandemi virus corona telah menewaskan lebih dari 217.000 rakyat AS.

Baca juga: Mantan Gubernur New Jersey Positif Covid-19, Sempat Bantu Debat Trump

"Saya percaya bahwa ketika saya memasuki halaman Gedung Putih, saya telah memasuki zona aman karena pengujian yang saya dan banyak orang lain lakukan setiap hari," kata Christie.

"Saya salah,” tegasnya.

Sebelum dinyatakan terinfeksi virus corona, Christie sempat hadir di Gedung Putih saat Trump mengumumkan pencalonan kandidat Hakim Mahkamah Agung, Amy Coney Barrett.

Dia juga berpartisipasi dalam persiapan debat calon presiden (capres) dengan membantu Trump.

Baca juga: Klaim Gedung Putih dan Informasi Seputar Presiden AS Donald Trump

Melalui pernyataannya tersebut, Christie tampaknya menegur sikap Trump atas Covid-19 melalui sebuah ungkapan.

“Tidak ada yang senang tertular virus (corona) dan tidak ada yang lebih angkuh tentang terinfeksi atau menginfeksi orang lain,” kata Christie.

Trump sempat menyebut penyakitnya sebagai "berkah dari tuhan," dengan alasan bahwa karena Covid-19 yang membuatnya mendapat terapi yang menjanjikan.

Baca juga: Fauci: Gedung Putih Superspreader Virus Corona, Pengobatan Trump Membingungkan

Trump juga berulangkali menghadiri pertemuan berskala besar di mana banyak pendukungnya yang tidak memakai masker.

“Setiap pejabat publik, terlepas dari partai atau posisinya, harus mengadvokasi setiap rakyat AS untuk mengenakan masker di depan umum, dengan social distancing dan sering mencuci tangan setiap hari,” kata Christie.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X