Putin Bentuk Pasukan Elit Khusus untuk Tangani Demonstrasi di Belarus

Kompas.com - 28/08/2020, 09:10 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin saat menghadiri konferensi virtual dengan jajaran kabinetnya di Novo-Ogaryovo, Rusia, 11 Agustus 2020. SPUTNIK via REUTERSPresiden Rusia Vladimir Putin saat menghadiri konferensi virtual dengan jajaran kabinetnya di Novo-Ogaryovo, Rusia, 11 Agustus 2020.

MOSKWA, KOMPAS.com - Vladimir Putin membentuk 'pasukan elit operasi khusus' untuk intervensi di Belarus jika protes di negara itu 'di luar kendali'.

Presiden Rusia, Vladimir Putin telah membentuk pasukan elit operasi khusus yang siap mengintervensi Belarus jika para 'ekstremis' bertindak 'di luar batas'.

Presiden Rusia yang kembali memimpin 16 tahun lagi itu mengatakan bahwa dia telah menghubungi Presiden Belarus, Alexander Lukashenko, yang menanyakan apakah Putin akan berkomitmen membela negaranya.

Baca juga: Bubarkan Demo Belarus, Lukashenko Todong Senapan ke Massa

"Saya jawab, Rusia akan memenuhi semua kewajibannya," ujar Putin dari Krimea, wilayah yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada 2014 setelah penggulingan pemerintah pro-Rusia.

Dikutip Daily Mail, Kamis (27/8/2020) Putin berkata, "Lukashenko meminta saya membentuk cadangan petugas penegak hukum tertentu, dan saya melakukannya."

"Tapi kami sepakat bahwa itu tidak akan digunakan sampai situasinya mulai tidak terkendali."

Ketika ditanya oleh wartawan dari kanal TV Russia-1 apa artinya 'melewati batas', Putin memberikan contoh 'membakar mobil dan menjarah'.

Baca juga: Oposisi Belarus: Tak akan Calonkan Diri Jika Digelar Pemilu Baru

Lukashenko sendiri telah menghadapi protes tak terduga yang melawan rezimnya pada 9 Agustus lalu ketika pemilihan umum presiden dan dia mengklaim kemenangan sepihak sebanyak 80 persen.

Klaim itu dipandang sebagai suatu kecurangan baik di dalam maupun di luar negeri dan para pemimpin Barat menolak untuk mengakui kemenangan itu.

Belarus adalah sekutu dekat Rusia, dan Lukashenko adalah teman pribadi Putin. Kedua negara berbagi pakta pertahanan bersama, sementara kedua pria itu bermain hoki es bersama.

Halaman:

Sumber Daily Mail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X