Kamala Haris Pilih 'Pioneer' sebagai Kode Secret Service Miliknya

Kompas.com - 19/08/2020, 19:25 WIB
Dalam file foto 2 Oktober 2019 ini, calon presiden -Demokrasi Senator Kamala Harris, D-Calif, sedang mendengarkan selama forum keamanan senjata di Las Vegas. Calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden telah memilih Harris sebagai cawapresnya. AP/John LocherDalam file foto 2 Oktober 2019 ini, calon presiden -Demokrasi Senator Kamala Harris, D-Calif, sedang mendengarkan selama forum keamanan senjata di Las Vegas. Calon presiden dari Partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden telah memilih Harris sebagai cawapresnya.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Calon wakil presiden Kamala Harris telah memilih "Pioneer" sebagai nama kode Dinas Rahasia atau Secret Service, seperti dilansir New York Post.

Nama itu dipilih Harris, menurut CNN, tak lama setelah ditempatkan di bawah perlindungan Secret Service pekan lalu, saat dia dipilih menjadi calon wakil presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Nama kode itu tampaknya sesuai dengan sejarah pencalonannya, menjadi perempuan pertama dari Afro-Amerika yang menjadi calon wakil presiden Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Donald Trump Lempar Teori Palsu soal Kewarganegaraan Kamala Harris

Nama kode Secret Service sering dikenal sebagai karakter individu seseorang. Misalnya, Barack Obama punya nama Secret Service "Renegade", Trump punya nama "Mogul" dan Mike Pence, wakil presiden AS saat ini, "Hoosier".

Nama-nama itu bisa berubah seiring waktu demi alasan keamanan karena selalu diketahui publik.

Menurut ABC News, nama kode tidak dibuat oleh Dinas Rahasia, namun mengutip sumber dari seorang penegak hukum, nama itu dibuat oleh Badan Komunikasi Gedung Putih dalam Kemitraan mereka dengan para kandidat.

Baca juga: Kenapa Trump Sebut Cawapres Kamala Harris Wanita Gila? Begini Ceritanya...

Sebelumnya, Calon presiden ( capres) Partai Demokrat, Joe Biden, akhirnya mengakhiri spekulasi panjang mengenai pendampingnya melawan Presiden Donald Trump pada pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS), 3 November mendatang.

Berkicau melalui akun Twitter-nya, Selasa (11/8/2020) sore, Biden mengumumkan bahwa Senator California Kamala Harris sebagai calon wakil presidennya ( cawapres).

“Saya memiliki kehormatan besar untuk mengumumkan bahwa saya telah memilih Kamala Harris sebagai cawapres. Kamala adalah pejuang yang tak kenal takut bertarung untuk kepentingan rakyat kecil dan salah satu pelayan rakyat terbaik,” bunyi kicauan Biden.

Baca juga: 5 Fakta Kamala Harris, Cawapres Joe Biden di Pilpres AS

Harris mengukir sejarah sebagai wanita Afro-Amerika dan Asia Amerika pertama yang dipilih sebagai cawapres. Kedua orangtuanya adalah imigran yang pindah ke AS.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X