Demo Ledakan Beirut, Massa Duduki Kantor Kemenlu Lebanon

Kompas.com - 09/08/2020, 07:38 WIB
Para demonstran menduduki kantor Kementerian Luar Negeri Lebanon, dalam aksi unjuk rasa buntut insiden ledakan di Beirut. Demonstrasi besar pecah di Lebanon pada Sabtu (8/8/2020). REUTERS/ELLEN FRANCISPara demonstran menduduki kantor Kementerian Luar Negeri Lebanon, dalam aksi unjuk rasa buntut insiden ledakan di Beirut. Demonstrasi besar pecah di Lebanon pada Sabtu (8/8/2020).

BEIRUT, KOMPAS.com - Sekelompok massa menduduki kantor Kementerian Luar Negeri Lebanon, dalam aksi unjuk rasa buntut insiden ledakan dahsyat di Beirut.

Massa tersebut dipimpin oleh pensiunan perwira militer Lebanon pada Sabtu (8/8/2020), dan menyatakan kantor Kemenlu Lebanon sebagai markas besar revolusi.

Sekitar 200 orang menduduki kompleks Kementerian Luar Negeri Lebanon, yang berlokasi di kawasan elite pusat kota Beirut.

Baca juga: Istri Dubes Belanda Tewas dalam Ledakan Lebanon

Mereka diperkirakan bisa masuk ke kantor kementerian dengan memanfaatkan kerusakan bangunan akibat ledakan.

Beberapa demonstran merobek foto Presiden Michael Aoun dari dinding, dan membantingnya ke lantai, kata koresponden AFP.

Aksi ini adalah efek dari kemarahan yang memuncak akibat ledakan yang menghancurkan pelabuhan Beirut, serta sebagian ibu kota Lebanon tersebut.

Pendudukan ini disiarkan langsung televisi Lebanon, dan terjadi ketika pasukan keamanan teralihkan perhatiannya untuk menangani demonstran anti-pemerintah di jalan.

Baca juga: Ada 28 Orang Terluka Dibawa ke RS, dalam Protes Anti-Pemerintah Lebanon

"Kami mengambil alih Kementerian Luar Negeri sebagai tempat revolusi," kata Sami Rammah, pensiunan perwira militer yang berbicara melalui pengeras suara dari tangga gedung kantor kementerian.

"Kami memanggil semua rakyat Lebanon yang menderita, untuk turun ke jalan menuntut semua koruptor," lanjutnya dikutip dari AFP Sabtu (8/8/2020).

Jurnalis AFP di lokasi melaporkan, malam itu penuh dengan lemparan batu dari para pemuda yang bentrok dengan pasukan keamanan.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X