Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menderita Bertahun-tahun, Gajah di Pakistan ini Akhirnya akan Dipindah

Kompas.com - 19/07/2020, 10:47 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber AFP

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Pengadilan Pakistan menyetujui pemindaah seekor gajah, Kaavan, yang kesepian dari kebun binatang Islamabad ke tempat perlindungan di Kamboja.

Sebelumnya, gajah tersebut dilaporkan menunjukkan gejala penyakit mental. Seorang pesohor asal Amerika Serikat (AS), Cher, mengampanyekan pembebasan Kaavan sebagaimana dilansir dari AFP, Sabtu (18/7/2020).

Kampanye yang digelorakan Cher disambut oleh netizen. Sebuah petisi online akhirnya dibuat untuk menuntut pembebasan Kaavan dan mengumpulkan lebih dari 400.000 tanda tangan.

Merespons tuntutan yang tinggi tersebut, pengadilan di Islamabad lalu memerintahkan untuk membebaskan Kaavan dan menginstruksikan petugas dinas satwa liar untuk menemukan tempat perlindungan yang cocok.

Pihak berwenang mengatakan bahwa para ahli merekomendasikan suaka margasatwa di Kamboja sebagai tempat perlindungan Kaavan.

Baca juga: Ratusan Gajah Mati Misterius di Botswana, Diduga karena Patogen Baru

"Pengadilan telah menyetujui usulan tersebut," kata Ketua Dewan Manajemen Margasatwa Islamabad, Anis Ur Rehman, kepada AFP.

Petugas kebun binatang tempat Kaavan tinggal membantah bahwa Kaavan dibelenggu. Kaavan diduga menderita kesepian akut setelah ditinggal mati pasangannya pada 2012.

Pada 2016, Safwan Shahab Ahmad dari Pakistan Wildlife Foundation mengatakan perilaku Kaavan seperti menggelengkan kepala berulang kali menunjukkan si gajah menderita penyakit mental.

Para aktivis juga mengatakan Kaavan tidak terlindung dari suhu musim panas Islamabad yang mencapai di atas 40 derajat celcius.

Nasib yang menimpa Kaavan tersebut menarik perhatian Cher. Cher akhirnya mengampanyekan kebebasan Kaavan selama bertahun-tahun.

Baca juga: 275 Gajah Mati Misterius di Botswana, Bukan karena Perburuan

Pada Mei, Cher menulis di akun Twitternya bahwa keputusan pengadilan untuk memerintahkan pembebasan Kaavan adalah salah satu momen terbesar dalam hidupnya.

Kaavan tiba di Pakistan pada 1985. Waktu itu Kaavan masih berusia satu tahun.

Pada 2002, Kaavan dikurung oleh petugas kebun binatang karena takut akan mengamuk dan menimbulkan kerusakan.

Setelah diprotes oleh publik, Kaavan dibebaskan. Namun pada 2015, dia petugas kebun binatang dilaporkan merantai Kaavan setiap beberapa jam sekali dalam sehari.

Dia dibebaskan kemudian pada tahun itu setelah protes tetapi muncul pada tahun 2015 bahwa dia sekali lagi secara teratur dirantai selama beberapa jam setiap hari.

Baca juga: Ratusan Gajah secara Misterius Mati Massal, Kenapa?

Menteri Federal Pakistan, Malik Amin Aslam, mengatakan pihak berwenang akan membebaskan si gajah dan akan memastikan bahwa dia akan hidup bahagia.

Putusan pengadilan pada Mei juga memerintahkan belasan hewan lain termasuk beruang coklat, singa dan burung untuk dipindahkan sementara selama kebun binatang meningkatkan fasilitas perawatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com