Dilalap Api, Katedral Legendaris di Nantes Diduga Sengaja Dibakar

Kompas.com - 19/07/2020, 08:05 WIB
Puing-puing akibat kebakaran di Katedral St Pierre dan St Paul di Nantes, Perancis, pada Sabtu (18/7/2020). REUTERS/STEPHANE MAHEPuing-puing akibat kebakaran di Katedral St Pierre dan St Paul di Nantes, Perancis, pada Sabtu (18/7/2020).

NANTES, KOMPAS.com - Para pihak berwenang mengatakan, kobaran api yang muncul di dalam katedral legendaris St Pierre dan St Paul di Nantes, Perancis, diduga karena ulah oknum yang sengaja membakar.

Api di katedral Nantes abad ke-15 itu menghancurkan jendela-jendela kaca dan mengepulkan asap hitam ke angkasa dari sela-sela menaranya.

Sekitar 100 personel pemadam kebakaran kemudian dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah, yang telah melahap bagian dalam katedral.

Baca juga: Katedral Abad Ke-15 di Nantes Terbakar, Atapnya Terancam Roboh

Kebakaran diperkirakan terjadi pada Sabtu pagi (18/7/2020) waktu setempat, dan polisi Perancis turut membantu memadamkan api.

Video yang beredar memperlihatkan asap keluar dari bagian depan katedral, dengan jendela-jendela kaca yang meledak di antara dua menara besar.

Cecil Renaud yang bekerja di toko roti seberang katedral St Pierre dan St Paul menerangkan kepada BFM TV, "Itu sangat mengejutkan. Sangat menyedihkan."

Baca juga: Gereja Ortodoks Rusia Tolak Perubahan Status Hagia Sophia Jadi Masjid

Nyala api yang berpusat pada "organ agung" berhasil dipadamkan beberapa jam kemudian.

Sky News memberitakan, atap katedral yang awalnya dikatakan terancam roboh kini dipastikan aman.

Jaksa Pierre Senne mengatakan kepada wartawan, ada 3 lokasi kebakaran di sana dan pihak berwenang menangani insiden itu sebagai tindakan kriminal. Penyelidikan pun telah diluncurkan.

Baca juga: Perancis Berniat Selidiki Putra Mahkota Abu Dhabi atas Tuduhan Penyiksaan

Katedral legendaris itu sebagian hancur di Perang Dunia II, akibat pengeboman Sekutu pada 1944.

Halaman:

Sumber Sky News
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X