Ratusan Gajah Mati Misterius di Botswana, Diduga karena Patogen Baru

Kompas.com - 11/07/2020, 20:33 WIB
Ratusan gajah mati di Botswana, Afrika. Penyebabnya masih misterius. BBC NewsRatusan gajah mati di Botswana, Afrika. Penyebabnya masih misterius.

GABORONE, KOMPAS.com - Kematian misterius ratusan gajah di Botswana, Afrika, menimbulkan ketakutan pemerintah tentang adanya "patogen baru".

Ada 6 bangkai gajah baru yang ditemukan di Afrika, sehingga total gajah yang mati sejak Mei 2020 adalah 281, yang membuat pihak berwenang dan dokter hewan bingung.

Pihak berwenang mengatakan, perburuan bukanlah penyebab dari ratusan gajah ini mati.

Baca juga: Ratusan Gajah secara Misterius Mati Massal, Kenapa?

Melansir Daily Mail pada Jumat (10/7/2020), saat ini pemerintah Afrika menyatakan bahwa hasil tes dari kematian ratusan gajah itu telah mengesampingkan sejumlah penyakit yang sudah diketahui.

Sehingga, penyebab matinya ratusan gajah di Afrika mengarah pada kemungkinan munculnya patogen baru.

Kematian ratusan gajah itu terpusat di Delta Okavango seluas 776.996 hektare yang merupakan habitat bagi sekitar 18.000 ekor gajah.

Baca juga: 275 Gajah Mati Misterius di Botswana, Bukan karena Perburuan

Sementara ini, belum ada negara-negara tetangga Botswana yang melaporkan masalah serupa.

Petugas dan konservasionis mengesampingkan perburuan liar sebagai penyebab kematian ratusan gajah sejak awal, karena bangkai ditemukan utuh.

Pemburu kadang-kadang menggunakan racun seperti sianida untuk membunuh gajah, tetapi hewan pemakan bangkai tidak terlihat di dekat bangkai gajah tersebut.

Peneliti hewan dari pemerintah setempat juga mengesampingkan antraks sebagai penyebab kematian, setelah mengambil sampel dari hewan-hewan yang mati di Okavango Panhandle.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Daily Mail
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X