Kunjungi RS Militer, Trump Pakai Masker untuk Pertama Kalinya

Kompas.com - 12/07/2020, 13:04 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memakai masker untuk pertama kalinya, saat mengunjungi Rumah Sakit Militer Walter Reed di Bethesda, Maryland, AS, pada 11 Juli 2020. REUTERS/TASOS KATOPODISPresiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memakai masker untuk pertama kalinya, saat mengunjungi Rumah Sakit Militer Walter Reed di Bethesda, Maryland, AS, pada 11 Juli 2020.

BETHESDA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump yang sebelumnya enggan memakai masker, pada Sabtu (11/7/2020) akhirnya mengenakannya untuk kali pertama.

Ia memakainya saat mengunjungi sebuah rumah sakit militer di luar Negara Bagian Washington, tepatnya di Bethesda, Negara Bagian Maryland.

Di sana, Trump hendak bertemu dengan tentara yang sedang menjalani perawatan karena terluka dan para perawat di garis depan.

Baca juga: Trump Sebut Joe Biden Plagiat Rencana Program Ekonominya

Kunjungan ke RS Militer Nasional Walter Reed itu menjadi kali pertama Trump mengenakan masker saat tampil di depan publik, terutama sejak pandemi virus corona melanda "Negeri Paman Sam".

Presiden ke-45 AS itu sebelumnya enggan mengenakan masker di depan umum, bahkan tidak meminta orang-orang Amerika melakukannya.

Menurutnya itu adalah pilihan pribadi, meski dia mengaku akan melakukannya jika berada di tengah banyak orang dan tidak dapat menjaga jarak dari orang lain.

Baca juga: Trump Mengonfirmasi AS Luncurkan Serangan Siber terhadap Rusia

"Saya pikir ketika Anda berada di rumah sakit, terutama dalam pengaturan khusus ketika Anda berbicara dengan banyak tentara, beberapa orang yang baru saja dioperasi, saya pikir itu hal bagus untuk memakai masker," ujar Trump kepada wartawan di Gedung Putih, tepat sebelum kunjungannya ke Walter Reed.

Di fasilitas medis itu, Trump berjalan sambil dikelilingi awak media yang berusaha memfotonya saat mengenakan masker warna biru yang dihiasi cap presiden berwarna emas.

Reuters mewartakan, sang presiden hanya berkata "terima kasih" saat lewat.

Baca juga: Patung Melania Trump di Slovenia Dibakar saat Perayaan Kemerdekaan AS

Para pejabat tinggi di bidang kesehatan publik telah mendesak pemakaian masker untuk memperlambat penyebaran Covid-19, yang kini telah merenggut lebih dari 137.000 nyawa penduduk AS.

Halaman:
Baca tentang

Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X