Covid-19, Perbatasan di Australia Tutup untuk Pertama Kalinya dalam 1 Abad

Kompas.com - 06/07/2020, 21:17 WIB
Lebih dari 200 polisi anti teror diturunkan dalam operasi penangkapan sejumlah tersangka di Sydney Barat, Rabu (7/10/2015) ABC Plus Radio AustraliaLebih dari 200 polisi anti teror diturunkan dalam operasi penangkapan sejumlah tersangka di Sydney Barat, Rabu (7/10/2015)

CANBERRA, KOMPAS.com - Perbatasan antara dua negara bagian terpadat di Australia, yaitu Victoria dan New South Wales, akan ditutup mulai Selasa (7/7/2020) akibat kasus virus corona yang masih tinggi.

Melansir dari Reuters (6/7/2020), perbatasan kedua negara bagian itu ditutup dalam jangka waktu yang tidak ditentukan, karena pihak berwenang tengah berusaha menahan penyebaran virus corona di Kota Melbourne.

Keputusan pemerintah Australia yang diumumkan pada Senin (6/7/2020) itu, menandai pertama kalinya perbatasan antara Victoria dan New South Wales ditutup kembali setelah 100 tahun lalu dibuka.

Pada 1919, pejabat terakhir daerah setempat memblokir pergerakan antara kedua negara selama pandemi flu Spanyol menyebar.

Baca juga: Kelompok Ekstrem Sayap Kanan di Australia Sebarkan Isu Anti-China di Tengah Pandemi Covid-19

"Ini adalah ide bagus, tepat untuk dilakukan saat ini, mengingat tantangan signifikan dari virus ini yang harus kita hadapi," kata Perdana Menteri Victoria Daniel Andrews kepada wartawan di Melbourne.

Namun, langkah ini kemungkinan akan menjadi pukulan bagi pemulihan ekonomi Australia, karena akan memasuki resesi pertama dalam hampir tiga dekade.

Jumlah kasus Covid-19 di ibu kota Victoria di Melbourne telah meningkat dalam beberapa hari terakhir, membuat pihak berwenang fokus menertibkan protokol kesehatan dan keamanan terhadap penyebaran virus corona.

Di antaranya, menerapkan social distancing di 30 daerah pinggiran kota, dan lockdown di 9 menara public housing.

Baca juga: Australia Uji Coba Vaksin Virus Corona pada Manusia, Bisa Tersedia Tahun Ini

Pihaknya melaporkan saat ini, ada 127 kasus orang yang baru terinfeksi Covid-19 dalam semalam. Angka itu mengalami lonjakan terbesar sejak pandemi dimulai.

Ia juga melaporkan dua kematian, yang pertama secara nasional dalam lebih dari dua minggu, sehingga total jumlah orang meninggal karena Covid-19 menjadi 106.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X