Covid-19, Menlu AS Mike Pompeo Desak China Izinkan Inspeksi ke Lab

Kompas.com - 23/04/2020, 22:00 WIB
Menlu AS Mike Pompeo. AFP/NICHOLAS KAMMMenlu AS Mike Pompeo.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mendesak China mengizinkan adanya inspeksi ke lab-lab sensitif.

Pernyataan itu diucapkan Pompeo pada Rabu (22/4/2020), seiring dirinya menyuarakan keprihatinan tentang keamanan lab-lab itu di tengah pandemi Covid-19.

Pompeo menolak mengesampingkan rumor bahwa Covid-19 berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan. Anggapan yang dibantah keras oleh Beijing.

Baca juga: Covid-19 Diduga Muncul dari Institut Virologi Wuhan, Direktur Lab: Mustahil

"Anda harus ingat - lab-lab ini masih terbuka di China, lab-lab ini yang mengandung patogen kompleks yang sedang dipelajari. Bukan hanya Institut Virologi Wuhan," kata Pompeo dikutip dari AFP Rabu (22/4/2020).

"Sangat penting bahwa material (patogen kompleks) itu ditangani dengan cara yang aman sehingga tidak ada kebocoran tanpa sengaja," lanjutnya.

Baca juga: Institut Virologi Wuhan, Laboratorium yang Jadi Sorotan di Tengah Wabah Covid-19

Pompeo mengutip contoh fasilitas nuklir. Ia merujuk pada inspeksi global yang ketat untuk memastikan keselamatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X