Meski Tak Ada Kim Jong Un, AS Tetap Lanjutkan Denuklirisasi

Kompas.com - 23/04/2020, 20:10 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo (kanan) bertemu di Paekhwawon State Guesthouse di Pyongyang, Korea Utara. Foto ini diambil pada Minggu (7/10/2018) oleh Kantor Berita Korea Utara (KCNA). (AFP) Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo (kanan) bertemu di Paekhwawon State Guesthouse di Pyongyang, Korea Utara. Foto ini diambil pada Minggu (7/10/2018) oleh Kantor Berita Korea Utara (KCNA). (AFP)

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) akan terus berupaya melakukan denuklirisasi Korea Utara, tak peduli siapa pun yang berkuasa di Pyongyang.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada Rabu (22/4/2020), di tengah spekulasi tentang kondisi kesehatan Kim Jong Un.

Para pejabat AS termasuk Presiden Donald Trump telah menolak membahas kondisi Kim Jong Un, setelah sebuah laporan yang ditepis Korea Selatan bahwa Pemimpin Tertinggi Korea Utara itu sedang sakit.

Baca juga: Sumber dari Korea Selatan Sebut Kim Jong Un Baik-baik Saja

Namun ketika ditanya dalam sebuah wawancara, Pompeo mengatakan dia telah bertemu dengan Kim Yo Jong, adik perempuan Kim Jong Un.

Para pakar menilai Kim Yo Jong dapat menjadi penerus Kim Jong Un, menyusul peningkatan jabatannya dalam hierarki baru-baru ini.

Baca juga: Kim Jong Un Dikabarkan Sakit, Adik Perempuannya Disebut Calon Pengganti Terkuat

"Saya memang memiliki kesempatan untuk bertemu dengannya beberapa kali, tetapi pantangannya tetap sama - tujuannya tetap tidak berubah - siapa pun yang memimpin Korea Utara," kata Pompeo kepada Fox News sebagaimana dikutip dari AFP Kamis (23/4/2020).

Dia memperbarui janji AS untuk membawa rakyat Korea Utara ke "masa depan yang lebih cerah" jika kepemimpinan negara itu menyerahkan senjata nuklirnya.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X