Kabar Baik di Tengah Wabah Corona: Robot Bantu Manusia Hadapi Covid-19

Kompas.com - 04/04/2020, 20:29 WIB
Inilah PGuard. Robot polisi yang diterjunkan pemerintah Tunisia untuk menyukseskan lockdown virus corona. AFP via BBCInilah PGuard. Robot polisi yang diterjunkan pemerintah Tunisia untuk menyukseskan lockdown virus corona.

KOMPAS.com - Penggunaan robot di bidang medis semakin gencar dilakukan, saat wabah virus corona melanda dunia.

Sejumlah "pasukan robot" dikerahkan tidak hanya untuk membantu staf medis, tapi juga menangani pasien bahkan sampai memastikan warga tidak melanggar aturan lockdown.

China misalnya, yang mengerahkan robot, telemedicine, dan teknologi lainnya untuk melawan virus corona.

Baca juga: Foto-foto Wisuda Online dan Pakai Robot di Jepang

Negeri "Panda" beserta Spanyol memakai drone untuk memantau warga saat lockdown.

Sementara itu Korea Selatan memakai drone untuk menyemprotkan disinfektan di kota Daegu. Cara ini juga dipakai Pemprov DKI Jakarta.

Kemudian pada awal Maret, China mendirikan rumah sakit lapangan yang dikelola oleh robot di Pusat Olahraga Hongshan, Wuhan.

Bernama Smart Field Hospital, fasilitas ini adalah proyek yang melibatkan Rumah Sakit Wuhan Wuchang, China Mobile, dan CloudMinds, pembuat sistem cloud robotics yang berbasis di China dan Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Cegah Corona, Kampus di Jepang Ini Bikin Wisuda Online dan Pakai Robot

Dilansir dari CNBC, CloudMinds mengerahkan lebih dari 100 robot yang dibagikan ke rumah sakit, hotel, dan sekolah.

Smart Field Hospital adalah uji coba yang bertujuan mengurangi beban kerja tenaga medis yang kelelahan, meski wabah virus corona telah melambat di Negeri "Tirai Bambu".

Robot-robot untuk keperluan lain juga dikerahkan China, antara lain untuk menyediakan makanan, minuman, dan obat-obatan ke pasien.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X