Cegah Corona, Kampus di Jepang Ini Bikin Wisuda Online dan Pakai Robot

Kompas.com - 03/04/2020, 16:46 WIB
Rektor BBT University, Kenichi Omae membacakan keputusan kelulusan kepada perwakilan wisudawan dalam wisuda online dan menggunakan robot avatar di Hotel Grand Palace, Tokyo, Jepang, Sabtu (28/3/2020). Penggunaan robot ini dioperasikan dari jarak jauh oleh perwakilan wisudawan dan wisudawan lain bisa menyaksikan prosesi wisuda online melalui Zoom. Dok. BBT UniversityRektor BBT University, Kenichi Omae membacakan keputusan kelulusan kepada perwakilan wisudawan dalam wisuda online dan menggunakan robot avatar di Hotel Grand Palace, Tokyo, Jepang, Sabtu (28/3/2020). Penggunaan robot ini dioperasikan dari jarak jauh oleh perwakilan wisudawan dan wisudawan lain bisa menyaksikan prosesi wisuda online melalui Zoom.

KOMPAS.com - Sebuah kampus di Tokyo, Jepang, Bussiness Breakthrough University ( BBT University) menggelar acara wisuda secara online dan menggunakan robot sebagai perwakilan wisudawan di Hotel Grand Palace, pada Sabtu (28/3/2020).

Acara wisuda online ini diselenggarakan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona di kalangan institusi pendidikan di Jepang.

Informasi yang dihimpun Kompas.com dari website resmi BBT University dan diterjemahkan oleh Penerjemah Bahasa Jepang, Nova Auliatun Nisa, acara wisuda menggunakan robot avatar terbaru yang dikembangkan oleh ANA Holding bernama "Newme".

Prosesi wisuda terlihat lengkap dihadiri oleh rektor, perwakilan rektorat, dan perwakilan kampus. Awalnya, pembawa acara wisuda memanggil perwakilan wisudawan untuk maju ke depan bertemu rektor.

Baca juga: Selain Belajar Daring, Kemendikbud Minta Kampus Tunda Wisuda

Perwakilan wisudawan yang diwakili oleh robot itu kemudian menghadap rektor. Robot tersebut dioperasikan oleh perwakilan wisudawan BBT University dari jauh.

Ada empat orang wisudawan yang menerima ijazah kuliah dan melakukan prosesi wisuda. Rektor BBT University membacakan keputusan lulusan di depan robot Newme yang merupakan perwakilan wisudawan.

Robot Newme berbentuk seperti manusia dengan menampilkan tablet di bagian kepala dan empat roda sebagai kaki. Ketika rektor membacakan keputusan wisuda, layar tablet menampilkan wajah perwakilan para wisudawan yang hadir lewat aplikasi Zoom.

Prosesi wisuda juga turut disaksikan oleh perwakilan kampus BBT University di dalam ruangan.

Perwakilan wisudawan dalam wisuda online dan menggunakan robot avatar di Hotel Grand Palace, Tokyo, Jepang, Sabtu (28/3/2020). Penggunaan robot ini dioperasikan dari jarak jauh oleh perwakilan wisudawan dan wisudawan lain bisa menyaksikan prosesi wisuda online melalui Zoom.Dok. BBT University Perwakilan wisudawan dalam wisuda online dan menggunakan robot avatar di Hotel Grand Palace, Tokyo, Jepang, Sabtu (28/3/2020). Penggunaan robot ini dioperasikan dari jarak jauh oleh perwakilan wisudawan dan wisudawan lain bisa menyaksikan prosesi wisuda online melalui Zoom.

Prosesi wisuda juga diselenggarakan secara lengkap. Kegiatan wisuda dipandu oleh pembawa acara, pemberian sambutan oleh rektor, dan foto bersama rektor.

"Jaringan pengetahuan itu melampaui kemampuan manusia. Terus bekerja keras dan berkontribusilah untuk dunia," ujar Rektor BBT, Kenichi Omae dalam sambutan wisuda.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X