Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sekjen PBB Bahas Ketegangan Terbaru dengan Pemimpin Israel dan Palestina

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres membahas peningkatan ketegangan di sekitar tempat-tempat suci Yerusalem.

Dia membahas hal tersebut melalui panggilan terpisah pada Sabtu (23/4/2022) dengan Perdana Menteri Israel dan Presiden Palestina.

PBB mengatakan, Guterres membahas upaya untuk menurunkan ketegangan, mengakhiri provokasi, dan memulihkan ketenangan.

Lebih dari 200 orang, sebagian besar warga Palestina, telah terluka selama seminggu terakhir dalam bentrokan di dalam dan sekitar kompleks Al-Aqsa, tempat suci bagi umat Islam dan Yahudi.

Warga Palestina marah dengan pengerahan besar-besaran polisi Israel dan kunjungan yang dilakukan berulang kali oleh orang-orang Yahudi di tempat suci tersebut.

Guterres menegaskan kembali bahwa status quo di Al-Aqsa harus ditegakkan dan dihormati, sebagaimana dilansir AFP.

Bentrokan di Al-Aqsa terjadi di tengah gelombang kekerasan mematikan, yang telah memicu kekhawatiran akan konflik yang lebih luas.

Peluncuran roket dari Jalur Gaza pada Rabu (20/4/2021) dan Kamis (21/4/2021) memicu serangan balasan dari Israel.

Tetapi setelah serangan serupa dari Gaza pada Jumat (22/4/2022) malam dan Sabtu (23/4/2022) pagi, Israel memutuskan untuk tidak melancarkan serangan balik.

Sebaliknya, Israel mengatakan akan menutup satu-satunya perbatasannya dengan daerah kantong itu pada Minggu (24/4/2022).

https://www.kompas.com/global/read/2022/04/24/153100570/sekjen-pbb-bahas-ketegangan-terbaru-dengan-pemimpin-israel-dan-palestina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke