Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Anggota Parlemen Taiwan Adu Jotos di Tengah Rapat...

Kompas.com - 18/05/2024, 18:31 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com - Anggota parlemen Taiwan dari partai berkuasa dan oposisi terlibat dalam perkelahian fisik, seperti saling pukul dan tendang, maupun serangan verbal saat rapat pada Jumat (17/5/2024).

Insiden tersebut terjadi saat mereka membahas beberapa rancangan undang-undang (RUU) kontroversial, termasuk amandemen yang akan memberikan kekuasaan tambahan kepada Dewan Legislatif.

Partai-partai oposisi, termasuk Kuomintang (KMP) dan Partai Rakyat Taiwan (TPP), dilaporkan ingin melakukan reformasi di badan legislatif untuk memberdayakan anggota parlemen mengawasi pemerintahan serta menghukum pejabat yang membuat pernyataan palsu di dalam badan tersebut.

Baca juga: Taiwan Deteksi 45 Pesawat China Terbang Dekati Wilayahnya, Terbanyak Sejauh Ini

Namun, Partai Progresif Demokratik (DPP) tampaknya menolak langkah tersebut ketika ketuanya saat ini, yakni William Lai, segera dilantik menjadi presiden kedelapan Taiwan pekan depan.

Bersamaan dengan Lai, anggota parlemen Taiwan juga dipilih pada Januari tahun ini.

Video dari Legislatif Yuan, badan legislatif Taiwan, memperlihatkan para anggota parlemen dari DPP yang berkuasa dan oposisi utama KMP berargumen sengit dan saling pukul yang mengakibatkan cedera ringan.

Diberitakan Anadolu Agency, selama sidang ketiga RUU reformasi yang ingin disahkan KMT dan TPP, anggota DPP Chung Chia-pin melompat ke arah podium sehingga dia terjatuh bersama anggota parlemen partai KMT Cheng Ching-huy.

Baca juga: AS Kirim Kapal Perang Jelang Pelantikan Presiden Taiwan

Chen menderita memar di kaki kanannya dan mengatakan kekerasan tidak dapat diterima.

Chung meminta maaf dan mengatakan dirinya juga mengalami memar di rusuknya.

Anggota parlemen dari partai-partai besar terlibat dalam pertikaian, saling cemooh, dan menderita memar.

Sementara itu, Focus Taiwan melaporkan, ada sebanyak lima legislator yang harus dikirim ke rumah sakit untuk mengobati luka-luka hingga Jumat pukul 20.00 waktu setempat.

Mereka adalah anggota parlemen DPP Chung Chia-pin, Chiu Chih-wei, Chuang Jui-hsiung, dan Puma Shen, serta Wu Tsung-hsien dari KMT.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com