Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2024, 19:46 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Selada (lettuce) termasuk sayuran yang mudah dikreasikan, tidak hanya dijadikan salad. Teksturnya renyah dan rasanya segar jadi bisa dipadukan dengan berbagai bahan lainnya. 

Terdapat beragam jenis selada, antara lain selada iceberg dan selada romaine. Dilihat dari bentuknya, selada romaine lebih panjang, sedangkan selada iceberg lebih bulat.

Baca juga:

Bila punya sisa selada dan ingin menyimpannya untuk dipakai nanti, kamu bisa membekukannya di freezer.

Namun, sebelum memasukkannya ke freezer, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui:

Bisakah selada dibekukan di freezer?

Dikutip dari Real Simple, Sabtu (30/3/2024), selada bisa dibekukan di freezer, tapi sebaiknya dalam bentuk puree alias sudah dihaluskan terlebih dahulu. 

Adapun proses pembekuan menyebabkan pembentukan kristal-kristal es di dinding sel-sel selada.

Selada cukup ringkih dengan kandungan air yang tinggi sehingga kristal-kristal tersebut menyebabkan sel-sel pecah, dilansir dari The Kitchn.

Baca juga: Cara Simpan Selada agar Tidak Cepat Hitam, Tetap Segar, dan Hijau

Ilustrasi selada, salah satu sayuran penurun darah tinggi yang cocok untuk pasien hipertensi.PEXELS/ Kai Pilger Ilustrasi selada, salah satu sayuran penurun darah tinggi yang cocok untuk pasien hipertensi.

Akibatnya, terjadi kristalisasi yang tidak indah dipandang dan tidak enak rasanya. Selada beku yang kemudian dicairkan pun jadi lembek dan berair sehingga kurang nikmat bila dicampur ke salad

Jika ingin membekukan selada, haluskan sayuran hijau tersebut terlebih dahulu. Kemudian tempatkan di wadah cetakan es batu, bekukan hingga solid, lalu masukkan ke kantong plastik.

Baca juga: 3 Beda Selada Romaine dan Selada Keriting yang Sekilas Terlihat Sama

Selada beku tahan berapa lama?

Bila dihaluskan dengan blender terlebih dulu, lalu dibekukan, selada bisa tahan hingga enam bulan. Tentunya hal ini tergantung seberapa efisien freezer yang digunakan. 

Akan tetapi, bila selada yang disimpan mengalami freezer burnt, sebaiknya jangan dimakan karena rasa dan teksturnya sudah terdampak.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (28/11/2022), freezer burnt adalah kondisi hilangnya kelembapan. Hal ini bisa terjadi jika makanan disimpan terlalu lama di freezer.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com